Satu Islam Untuk Semua

Monday, 07 November 2016

‘Warga Jakarta Tuntut Ahok Disingkir’, ‘Demonstrasi Jadi Ganas’, Kata Media Malaysia


warga-jakarta-tuntut-ahok-disingkir-demonstrasi-jadi-ganas-kata-media-malaysia

islamindonesia.id –‘Warga Jakarta Tuntut Ahok Disingkir’, ‘Demonstrasi Jadi Ganas’, Kata Media Malaysia

 

Sejumlah media di Malaysia, baik media elektronik, media cetak maupun media online, Sabtu (5/11/2016), memberitakan unjuk rasa ribuan orang yang menuntut proses hukum dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang digelar besar-besaran pada Jumat (4/11/2016).

[Baca: Catatan Pasca 4/11]

Televisi milik Pemerintah Malaysia, TV1, memberitakan peristiwa tersebut Jumat malam dengan judul berita ‘Puluhan Ribu Desak Gabenor Letak Jawatan’.

Harian Utusan Malaysia menurunkan judul ‘50.000 Bantah Gabenor Jakarta Hina Islam, Tuntut Pecat Ahok’ di halaman dalam.

Koran yang berafiliasi ke partai berkuasa United Malays National Organisation (UMNO) itu menampilkan berita satu halaman penuh di rubrik internasional dengan dua foto. Berita dan foto bersumber dari kantor berita AP, Reuters dan AFP.

Harian berbahasa Inggris The Sun menurunkan berita berjudul ‘Rally Against Ahok Turns Violent’ satu halaman penuh dilengkapi dua foto besar bersumberkan dari AFP dan Reuters.

New Straits Times juga memuat berita serupa, namun halaman satu menampilkan foto Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Abdul Najib Razak yang bertemu pendiri Grup Alibaba, Jack Ma, saat melakukan lawatan ke China.

Harian Kosmo memuat judul ‘Ribuan Tunjuk Perasaan Tuntut Ahok Letak Jabatan’. Harian ini memuat berita satu halaman dengan dua foto besar salah satunya memuat foto Ahok.

[Baca: Buntut Demo 4 November: Polri Rekam Semua Orator, Siapa Kena Pasal Hate Speech?]

Sedangkan, Berita Harian memberitakan sebanyak dua halaman dengan judul ‘Warga Jakarta Tuntut Ahok Disingkir’, ‘Demonstrasi Jadi Ganas’, ‘Icuk Sugiarto Turut Tunjuk Perasaan’. Foto-foto demonstran bentrok dengan polisi diambil dari AFP.

“Saya menyertai demonstrasi ini karena kepentingan hati nurani sebagai Muslim. Saya tidak boleh terima jika agama saya dihina,” ujar Icuk Sugiarto dalam berita tersebut.

Tidak dijelaskan apakah Icuk Sugiarto yang dimaksud adalah legenda bulutangkis Indonesia atau bukan.

[Baca: Demo 4 November Berujung Rusuh, PBNU: Sangat Disayangkan]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *