Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 06 October 2016

SOROTAN—Pengamat: Akhir 2017 ISIS Tamat


akhir-2017-isis-tamat

IslamIndonesia.idPengamat: Akhir 2017 ISIS Tamat

 

Firas Abi Ali, seorang analis senior terorisme di Timur Tengah, mengatakan ISIS sedang dilemahkan oleh serangan kekuatan udara dan kemungkinan bertahan hidup sebagai kekuatan militer hanya 12 bulan ke depan. Sebagai analis keamanan Ali mengatakan bahwa kekalahan militer ISIS semakin dekat. Kelompok ekstremis itu pun diprediksi bakal menelan kekalahan total pada akhir 2017.

“ISIS semakin dekat dengan kekalahan militer. Meski mungkin tidak akan terjadi pada tahun 2016, tetapi mereka tak mustahil akan dikalahkan akhir 2017,” tegasnya.

“Serangan udara telah memainkan peran yang sangat penting. Jika Anda melihat dari perspektif militer, ISIS tidak akan mempunyai kesempatan melawan serangan darat yang didukung oleh kekuatan udara,” sambungnya seperti dilansir Independent, Jumat (30/9/2016) lalu.

[Baca: SOROTAN—Gus Mus: ISIS Payu di Indonesia itu Keterlaluan]

Ali kemudian menyebut kekalahan ISIS saat melawan pasukan Kurdi dalam pertempuran di kota Ayn al-Arab tahun lalu adalah contoh keberhasilan dukungan serangan udara.

“Pasukan Kurdi telah berusaha untuk merebut kembali kota Ayn al-Arab selama berbulan-bulan. Gelombang pertempuran itu berbalik, sehingga Kurdi memainkan peran yang sangat penting, tetapi teknologi modern telah memainkan peran yang lebih penting,” katanya.

[Baca: OPINI – Turki Versus ISIS]

Ali menambahkan bahwa sementara ISIS mungkin mengalami kekalahan dalam waktu satu tahun, kelompok itu telah merencanakan untuk mempertahankan ideologinya.

“ISIS mengalihkan narasi mereka dengan mengatakan meskipun mereka kehilangan wilayah, namun yang paling penting adalah ideologi mereka tetap mampu bertahan,” tukasnya.

Pertanyaannya, jika prediksi itu benar, kelompok lain macam apa lagi yang akan hadir (dihadirkan) oleh mereka yang selama ini sengaja bersekutu melahirkan ISIS?

 

[Baca: Bendera ISIS Berkibar di Bangil?]

 

EH/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *