Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 29 December 2016

Soal Bachtiar Nasir dan Jaringan Teroris, Polri akan Koordinasi dengan Dubes RI di Suriah


islamindonesia.id – Soal Bachtiar Nasir dan Jaringan Teroris, Polri akan Koordinasi dengan Dubes RI di Suriah

 

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan pihaknya akan lakukan koordinasi ke pihak kedutaan besar Indonesia di Suriah terkait temuan bantuan dari lembaga yang dipimpin Bachtiar Nasir (IHR) di markas teroris. Hal ini dilakukan sebagai pendalaman lebih lanjut soal konten video “bantuan nyaras” yang telah tersebar luas di masyarakat itu.

“Informasi yang muncul harus diverifikasi apakah itu merupakan pengiriman dari Indonesia, kita akan bertanya ke kedutaan besar (Indonesia) di sana,” kata Kombes Pol Martinus Sitompul di kantornya, Jakarta Selatan, seperti dikutip viva.co.id,  27/12.

>> WAWANCARA – Dubes RI di Damaskus: Tidak Ada Benturan Suni-Syiah di Suriah

Tentunya, kata Martinus, Kepolisian akan menelusuri terlebih dahulu informasi itu apakah valid atau tidak untuk dilakukan penelusuran. “Enggak ujug-ujug kita lakukan upaya Kepolisian dengan data yang belum ada tentu valid. Ada satu penyelidikan untuk melihat ada tindak pidana atau tidak.”

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar menambahkan, Polri telah memiliki daftar nama sejumlah lembaga kemanusiaan yang kerap dijadikan tempat penampungan bantuan untuk kelompok teroris. Namun untuk lembaga yang dipimpin oleh Bachtiar Nasir ini, polisi akan mengumpulkan informasi lebih dahulu.

>> Polri Dalami Lebih Lanjut Konten Video Logistik IHR di Markas Teroris

Dalam pernyataan sikapnya, IHR (Indonesian Humanitarian Relief)  mengklaim bantuan telah diberikan kepada warga Suriah. IHR menyatakan telah menjalin kerja sama dengan lembaga kemanusian yang kredibel di Turki, yakni Insan Hak ve Hurriyetleri Insani Yardim Vakfi atau dikenal dengan nama IHH.

Menurut lembaga yang dipimpin Bachtiar Nasir ini, IHH adalah lembaga kemanusiaan internasional yang telah diakui PBB. Dalam kiprahnya, IHH pernah menjadi inisiator konvoi kemanusiaan Freedom Flotilla menuju Gaza, Palestina, yang diikuti lembaga dan aktivis kemanusiaan dunia.

>> Diduga Terkait Jaysh Al-Islam dan GNPF-MUI, IHR Rilis Pernyataan Sikap

Seperti diberitakan sebelumnya, IHH Yardım Vakfı juga pernah dilaporkan terseret ke dalam skandal yang terkait dengan kelompok teroris di Suriah. Pada 3 Januari 2014 misalnya, harian Hurriyet – media Turki berhaluan moderat – melaporkan, polisi Turki menemukan sejumlah amunisi dan senjata di dalam truk bantuan atas nama IHH yang ditujukan ke grup jihadis di Suriah.

Eks Ketua Divisi Operasi Anti-Teror Kepolisian Nasional Turki Ahmad Sait Yayla mengatakan di medium.com (16/9), “Pemimpin IHH ditangkap sebagai hasil dari proses penyelidikan waktu itu. Dari bukti-bukti yang kami peroleh, menunjukkan bahwa lembaga ini berada di belakang yang selama ini mendukung ISIS. IHH menyediakan senjata dan amunisi kepada kelompok-kelompok jihadis, bukan hanya ISIS.” []

>> VIDEO – Dubes Suriah untuk PBB Ungkap Nama-nama Intel Asing yang Terjebak di Aleppo

YS / islam indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *