Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 01 November 2016

Di Lebanon, Sekutu Hizbullah Menangi Kursi Presiden


manar-01217220014773034404

islamindonesia.id — Di Lebanon, Sekutu Hizbullah Menangi Kursi Presiden

Setelah lebih dari dua tahun kevakuman di pucuk pimpinan nasional, Mantan Panglima Militer Michel Aoun akhirnya terpilih sebagai Presiden Lebanon. Aoun dinyatakan menang setelah mendapatkan mayoritas suara dari anggota parlemen.

Pria berusia 81 tahun yang dikenal sebagai sekutu dekat Hizbullah itu mendapat 83 suara anggota parlemen. Angka ini jauh melebihi angka minimum yang dibutuhkan untuk meraih kursi presiden, yaitu 65 suara.

ANALISIS—Mengapa Hizbullah Menang Pilkada Lebanon?

Kemenangan Aoun disambut meriah oleh masyarakat Lebanon yang berpenduduk 54 % dari kalangan Muslim. Ratusan warga turun ke jalan, menyalakan kembang api dan berpawai hingga larut malam. Berbagai media menyiarkan upacara perayaan kemenangan politisi gaek yang memimpin partai Kristen Maronit terbesar di Lebanon tersebut.

Kekosongan kepemimpinan yang terjadi selama 29 bulan setelah berakhirnya masa jabatan Jenderal Michel Suleiman Mei 2014 dipicu oleh berbagai faktor, di antaranya perseteruan politik antara Hizbullah yang pro Assad dan Partai Al-Mustaqbal yang anti Assad.

Dubes RI di Lebanon: Hizbullah Bukan Teroris

Sejak itu, 45 sesi untuk memilih presiden baru selalu gagal karena kurangnya kuorum. Setelah sekian lama, akhirnya pada 31 Oktober kemarin, lebih dari 100 anggota legislatif berpartisipasi dalam pemilihan. Dengan jumlah ini, maka pemilihan presiden dapat dilakukan.

‘Gejolak Timur Tengah Murni Politik’

Dukungan terhadap Aoun menguat setelah pada awal bulan ini mantan perdana menteri Saad Harir yang mewakili blok Sunni terbesar di parlemen mendukung Aoun yang diusung oleh blok Hizbullah-Amal. Karena alasan ini pula maka media massa Israel menyebut kemenangan Jenderal Aoun sebagai kemenangan kubu Hizbullah.

Hizbullah Puji Diplomasi Indonesia

AJ/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *