Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 31 January 2017

Mahfud MD Sebut Buya Syafi’i Layak Jadi Pansel Calon Hakim MK


syafiimaarif_gatra_wisnuprabowo

islamindonesia.id – Mahfud MD Sebut Buya Syafi’i Layak Jadi Pansel Calon Hakim MK

 

Dalam menentukan pengganti hakim konstitusi yang diduduki tersangka Patrialis Akbar nanti, eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mendukung sistem seleksi terbuka yang diajukan oleh pemerintah.

Pakar hukum tata negara ini menyebut nama eks Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif sebagai salah satu tokoh masyarakat dianggap layak menjadi anggota Panitia Seleksi (Pansel) hakim MK ini.

“Contohnya ya, saya tidak mengusulkan, tapi contoh tokoh masyarakat yang bersih seperti dia (Buya Syafii),” kata Mahfud MD seperti dilansir KBR, 29/1.

[Baca juga: Ceramah Patrialis Soal ‘Penistaan Agama’ di Youtube Kembali Ramai Dikomentari]

Hal ini disampaikan karena Mahfud MD menyarankan agar anggota Pansel pemilihan Hakim Konstitusi harus terdiri dari orang-orang yang mempunyai kredibilitas dan independen.

Karena itu, dalam komposisinya, selain dari perwakilan pemerintah, Mahfud menyarankan juga agar tim Pansel harus beranggotakan perwakilan masyarakat seperti akademisi atau tokoh yang dikenal bersih oleh masyarakat luas.

“Begitu diumumkan namanya (akan) menimbulkan kepercayaan dari masyarakat, misalnya karena tidak punya kasus apapun,” katanya.

Seperti diketahui, Patrialis Akbar sebelumnya merupakan hakim Mahkamah Konstitusi yang ditunjuk langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013-2018.

Di Mahkamah Konstitusi, hakim terdiri dari sembilan orang, tiga orang usulan dari DPR, tiga orang usulan dari pemerintah dan tiga orang usulan dari Mahkamah Agung. Patrialis merupakan hakim usulan pemerintah.

Menanggapi soal kasus suap Patrialis, secara terpisah, Buya Syafii berharap peran Komisi Yudisial (KY)  diperkuat usai tertangkapnya Patrialis Akbar dalam Operasi Tangkap Tangan KPK.

“Komisi Yudisial sebagai lembaga pengawas perilaku hakim harus berani membunyikan ‘peluit’ keras untuk menegur dan mengancam oknum hakim yang tidak tahu diri,” kata Buya.[]

[Baca juga: Soal Mafia Peradilan, Buya Syafi’i: Masyarakat Jangan Tiarap Melihat Fenomena  Menjijikkan Ini]

YS/ islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *