Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 14 January 2017

Jadwal Tunggu Jemaah Calon Haji Yogya Maju 6 Tahun Lebih Awal  


Jadwal Tunggu Jemaah Calon Haji Yogya Maju 6 Tahun Lebih Awal

islamindonesia.id – Jadwal Tunggu Jemaah Calon Haji Yogya Maju 6 Tahun Lebih Awal

 

Daftar tunggu jemaah calon haji dari Yogyakarta yang akan diberangkatkan ke tanah suci, maju atau lebih cepat enam tahun menjadi tahun 2032. Sebelumnya, saat pembatasan kuota jamaah haji akibat renovasi Masjidil Haram, daftar tunggu di Yogyakarta sampai tahun 2038.

“Dengan kembali normalnya kuota haji, untuk DIY termasuk Kota Yogyakarta insya Allah daftar tunggu sampai 2032,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Sigit Warsito, Jumat (13/1/2017).

[Baca: Riyadh Kembalikan Kuota Normal Haji Indonesia dan Menambah 10 Ribu Kuota per 2017]

Sigit menjelaskan, saat pengurangan kuota jamaah haji nasional pada kurun waktu 2013-2016, kuota di DIY sekitar 2.455 jemaah calon haji. Jika nanti kuota kembali normal, maka akan kembali ke jumlah 3.068 jemaah.

Khusus DIY, lanjut Sigit, kuota yang dipakai adalah kuota provinsi, sehingga jadwal keberangkatan nanti bergantung pada nomor pendaftaran jemaah.

“Ketika kuota dikurangi maksimal 80% dari 2013-2016, Kota Yogyakarta hanya memberangkatkan 388 orang jemaah tiap tahun. Setelah normal, pastinya jemaah yang diberangkatkan juga bertambah,” jelas Sigit.

[Baca: Meski Kuota Bertambah, Menag Minta yang Sudah Haji Ikhlas Mengalah]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *