Satu Islam Untuk Semua

Friday, 29 July 2016

Al-Julani, Pimpinan Jabhat An-Nusra, Menyatakan Pisah dari Al-Qaedah


jabhat fath alsyam

Islamindonesia.id–Al-Julani, Pimpinan Jabhat An-Nusra, Menyatakan Pisah dari Al-Qaeda

Abu Muhamad Al-Julani, pimpinan Jabhat Al-Nusra, yang sebelum ini berafiliasi dengan Al-Qaedah, kini menyatakan berpihak dari organisasi induknya, dan  mendirikan Jabhat Fath Al-Syam.

Al-Julani yang untuk pertama kali tampil terbuka di media ini dengan demikian telah berpisah dari Abu Bakr Al-Baghdadi pimpinan ISIS dan dari Ayman Al-Zhawahiri pimpinan Al-Qaedah. Perpisahan dengan kedua organisasi yang secara internasional telah dicap sebagai teroris dan pergantian nama Jabhat An-Nusra menjadi Jabhat Fath Al-Syam ini, menurut sejumlah analis, agaknya bertujuan untuk memulihkan jaringan dukungan dana dari Arab Saudi dan negara-negara Teluk lain yang mulai terkendala.

Bagaimanapun juga, perpecahan internal dalam gerakan-gerakan ini menunjukkan wataknya yang ekstrem dan eksklusf, sehingga di dalam tubuh satu ideologi yang sama saja tidak dapat berkumpul apapagi dengan kelompok-kelompok di luar dirinya. Selain itu, perpecahan ini juga menunjukkan betapa besar kepentingan para tokoh di balik organisasi-organisasi tersebut.

al-julani1

aljulani

(Baca juga: ISIS dan Al-Qaedah: Persamaan dan Perbedaan)

 

AJ/IslamIndonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *