Satu Islam Untuk Semua

Monday, 31 October 2016

ANALISIS — Misteri 4 November: Kilas Balik Jatuh-Bangun Bangsa-Bangsa, Apa yang Bakal Terjadi di Indonesia?  


misteri-4-november-kilas-balik-jatuh-bangun-bangsa-bangsa-apa-yang-bakal-terjadi-di-indonesia

islamindonesia.id – Misteri 4 November: Kilas Balik Jatuh-Bangun Bangsa-Bangsa, Apa yang Bakal Terjadi di Indonesia?

 

Rencana aksi demo 4 November menyedot perhatian hampir semua kalangan. Ada yang menyebutnya sebagai momentum bersatunya kekuatan para tokoh dan berbagai ormas Islam, tapi tak sedikit yang diliputi kecemasan dan kekhawatiran bahwa pengerahan massa yang diperkirakan bakal mencapai setengah juta orang itu ke Ibu Kota, justru akan berujung chaos akibat bentrok horizontal dan tak terkendalinya kerusuhan massa.

Tak kurang, Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun menengarai bahwa aksi tersebut rawan ditunggangi kelompok-kelompok intoleran anti-Pancasila dan anti-NKRI, dan karenanya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tak mudah terpancing hasutan dan provokasi.

Di sisi lain, ada yang bertanya-tanya, kenapa tanggal 4 November yang dipilih untuk melakukan aksi besar-besaran tersebut? Adakah hal itu semata-mata kebetulan atau memang ada benang merahnya dengan berbagai peristiwa mahapenting sepanjang sejarah dunia, terkait jatuh-bangun bangsa-bangsa? Apa tujuan lebih jauh dari Gerakan Nasional Pendukung Fatwa (GNPF) MUI yang sejatinya ingin diraih, selain menuntut aparat kepolisian bekerja optimal menuntaskan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok? Benarkah seperti pernah diprediksi mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra dan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono bahwa muara aksi itu tak mustahil juga akan berbuah ancaman yang bermuara kepada Jokowi?

[Baca: Jelang Demo Akbar 4 November, ini Pesan Serius Yusril dan Hendropriyono kepada Jokowi] dan

[Tengku Ancam Turunkan Presiden, Warning Yusril dan Hendro ke Jokowi Terbukti Benar]

Mengenang pesan penting dan didorong semangat Jasmerah (Jangan sekali-kali melupakan sejarah) sebagaimana kerap disampaikan oleh Bung Karno, kali ini Islam Indonesia mengajak pembaca merenungkan kembali berbagai peristiwa besar dan telah mempengaruhi sejarah dunia sejak abad ke-14 hingga abad 20. Apa saja?

1. Joan of Arc membebaskan Saint-Pierre-le-Moutier. (4 November 1429)
2. Catherine of Aragon (istri pertama Henry VIII) bertemu Arthur Tudor, kakak Henry VIII – mereka kemudian menikah. (4 November 1501)
3. Delapan puluh tahun Perang di Flanders, Spanyol menangkap Antwerp (setelah tiga hari kota ini hampir hancur). (4 November 1576)
4. Symphony No. 36 Wolfgang Amadeus Mozart ditampilkan untuk pertama kalinya di Linz, Austria. (4 November 1783)
5. Konfederasi Barat Indian Amerika meraih kemenangan besar atas Amerika Serikat dalam Pertempuran Wabash. (4 November 1791)
6. Dimulainya pengepungan Corfu, dari Russo hingga Ottoman. (4 November 1798)
7. Pemberontakan bersenjata berskala besar terakhir melawan otoritas di daratan Inggris. (4 November 1839)
8. Camillo Benso di Cavour menjadi Perdana Menteri dari Piedmont-Sardinia, yang kemudian mengembang menjadi Italia. (4 November 1852)
9. University of Washington dibuka di Seattle, sebagai Universitas Teritorial. (4 November 1861)
10. Camaguey, Kuba memberontak melawan Spanyol selama tahun Perang Sepuluh. (4 November 1868)
11. Stasiun kereta api pertama melayani rute antara Jalan Raja William dan Stockwell. (4 November 1890)
12. Hara Takashi, Perdana Menteri Jepang yang membentuk kabinet berdasarkan pada mayoritas parlemen pada tahun 1918, dibunuh oleh seorang mahasiswa sayap kanan radikal. (4 November 1921)
13. Arkeolog Inggris, Howard Carter dan anak buahnya menemukan pintu masuk ke makam Raja Tutankhamen, yang tersembunyi sejak abad SM-14, di Lembah Para Raja Mesir. (4 November 1922)
14. Jenderal Jerman, Erwin Rommel, memerintahkan penarikan pasukannya di El Alamein di Afrika Utara; setelah 12 hari, Jerman telah kehilangan 90 dari 500 tank sejak mereka memulai pertempuran ini, menjadi penentu kemenangan untuk Inggris dalam Perang Dunia II. (4 November 1942)
15. Perang dunia II: Hari Pembebasan Bitola (4 November 1944)
16. Tentara Soviet kembali ke Hungaria untuk menekan Revolusi Hungaria; puluhan ribu orang Hungaria tewas dan dipenjara, dan lebih dari 200.000 orang meninggalkan negeri ini. (4 November 1956)
17. Di Komunitas Simpanse Kasakela di Tanzania, Dr. Jane Goodall mengamati simpanse menciptakan alat, inilah pertama kalinya pengamatan dilakukan pada hewan atau objek bukan manusia. (4 November 1960)
18. Sungai Arno banjir Florence, Italia, dengan kedalaman maksimum 6,7 m (22 kaki), meninggalkan ribuan tunawisma dan menghancurkan jutaan karya seni dan buku-buku langka. Juga Venice tenggelam pada hari yang sama di rekor sepanjang masa acqua alta dari 194 cm. (4 November 1966)
19. Jin, seorang anak liar 13 tahun ditemukan di Los Angeles, California yang telah terkunci dalam kamar tidurnya untuk sebagian besar hidupnya. (4 November 1970)
20. Mahasiswa revolusioner Iran menguasai kedutaan besar AS di Teheran, dan menyandera 90 orang (53 di antaranya adalah warga Amerika), memulai krisis sandera Iran selama 14 bulan. (4 November 1979)
21. Ronald Reagan terpilih sebagai presiden AS ke-40. (4 November 1980)
22. Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dibunuh oleh seorang mahasiswa sayap kanan Israel. (4 November 1995)
23. Pihak berwenang Cina menangkap cyber pembangkang Dia Depu untuk menandatangani surat pro-demokrasi ke-16 Kongres Partai Komunis. (4 November 2002)
24. Barack Obama, senator Illinois, terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ke-44, mengalahkan Senator John McCain; Obama menjadi orang kulit hitam pertama keturunan Afrika-Amerika yang terpilih menjadi presiden AS. (4 November 2008)

Dari berbagai peristiwa sejarah di atas, ada beberapa yang mungkin layak kita garisbawahi. Di antaranya; awal Perang Dunia II, pembunuhan PM Israel dan PM Jepang, banjir besar 6,7 meter di Italia, Revolusi Hungaria yang menewaskan puluhan ribu orang dan ratusan ribu lainnya mengungsi, pemberontakan Kuba melawan Spanyol, pemberontakan bersenjata berskala besar terakhir di daratan Inggris, pengangkatan Ronald Reagen sebagai presiden ke-40 serta Barack Obama sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat.

Lalu, apa yang kira-kira bakal terjadi, pada tanggal 4 November 2016 di Indonesia?

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *