Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 20 April 2016

PENDIDIKAN–Sampaikan Pesan Positif pada Anak


pendidikan-ibu-dan-anak

Islamindonesia.id-Sampaikan Pesan Positif pada Anak

Dua ibu muda sedang duduk di suatu kebun bunga. Keduanya sama-sama membawa anaknya. Tak jauh dari tempat duduk mereka, seorang tukang sampah sedang melakukan pekerjaannya.

Salah satu di antara mereka memperhatikan sekeliling lalu berkata kepada anaknya: “Jika kau gagal dalam pelajaranmu, maka nasibmu akan seperti tukang sampah yang kotor itu.”

Tak lama setelah itu, ibu yang kedua berkata pada anaknya: “Jika kau berhasil meraih nilai yang baik dalam pelajaranmu, maka kau akan dapat membantu hidup tukang sampah itu.”

Dua ibu ini sebenarnya mempunyai maksud yang sama, yakni memberi motivasi kepada anaknya agar rajin belajar dan meraih prestasi. Tapi keduanya menggunakan cara penyampaian pesan yang berbeda.

Ibu yang pertama menyampaikan pesan yang negatif dan mengesankan adanya ancaman kegagalan pada diri anaknya. Sedangkan ibu yang kedua menyampaikan pesan yang positif dan mengajaknya untuk menjadi anak yang ramah, murah hati dan memperhatikan keadaan orang lain.

Orangtua yang baik akan berkomunikasi secara positif, sehingga dia dapat menumbuhkan sikap percaya diri, asertif dan moral yang tinggi pada anak-anaknya.

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *