Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 17 November 2018

Langkah Mudah Mengikis Kesombongan


Langkah Mudah Mengikis Kesombongan

islamindonesia.id – Langkah Mudah Mengikis Kesombongan

 

Sombong adalah salah satu karakter buruk yang dibenci oleh agama manapun. Kesombongan juga dapat membuat penyandangnya dijauhi oleh orang-orang terdekat. Tidak ada orang yang menyukai orang sombong karena orang sombong biasanya akan menganggap orang lain lebih rendah dari dirinya.

Jika kesombongan menghinggapi diri kita, segeralah berubah. Tak ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam hidup.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips sederhana dan langkah mudah untuk mengikis kesombongan.

  1. Sadari Sifat Sombong dalam Diri

Sebelum mengikis sifat sombong, terlebih dahulu sadari sifat itu dalam diri. Kita tidak bisa menghilangkan sifat sombong tanpa tahu tipe kesombongan yang sering kita lakukan. Cara menghindari sifat takabur yang dibenci Allah adalah dengan menyadari keberadaan sifat itu sendiri. Ketahui dampak negatif yang terjadi dengan adanya sifat sombong itu. Apakah dijauhi oleh teman, sahabat atau bahkan keluarga. Sifat sombong ibarat tameng yang memisahkan kita dengan orang lain. Oleh sebab itu sombong sangat tidak disukai bahkan oleh Sang Pencipta sekalipun.

  1. Akui Kekurangan Diri

Kita harus mengakui kekurangan yang terdapat dalam diri kita. Dengan menyadari banyak kelemahan yang kita miliki, niscaya tak ada apa-apa lagi untuk disombongkan. Jika belum mengetahui dan menyadari kekurangan diri, tanyalah sahabat atau anggota keluarga. Karena dengan pendapat orang terdekat, kita bisa memiliki info akurat. Cara menghilangkan sifat egois dalam diri yang dipenuhi kesombongan adalah dengan menyadari kekurangan diri.

  1. Perbanyak Ibadah

Beribadah adalah salah satu jalan untuk menenangkan hati. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dapat membuat hati tenang dan tidak gelisah. Meminta bantuan kepada yang memiliki kekuatan di atas kekuatan manusia perlu dilakukan. Cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah adalah dengan beribadah. Terkadang kesombongan atau berperilaku sombong terjadi karena kita ada kekurangan. Ada masalah yang tidak ingin diungkapkan. Untuk menutupi kekurangan itu kita mengalihkan perhatian orang lain daripada masalah kita dengan bersikap buruk. Tanpa disadari, kita melakukan hal-hal yang jauh dari sifat baik.

  1. Belajar Ikhlas

Untuk menghilangkan sifat sombong kita harus ikhlas atas perbuatan kita. Kita harus pahami cara membuat hati ikhlas dan tenang. Hati ikhlas akan membuat kesombongan dalam diri kita tidak ada sama sekali. Kita tidak akan mempunyai kesempatan untuk membeberkan kebaikan kita di hadapan orang lain.

  1. Jangan Egois

Sifat egois dapat juga membawa pada sifat sombong. Orang yang egois seringkali ingin menang sendiri. Pribadi yang tahu cara menghilangkan sifat egois pada diri sendiri tahu cara untuk bersikap lebih rendah hati dan tidak sombong.

  1. Sejajarkan Diri dengan Orang Lain

Kita dan orang lain adalah jenis yang sama. Kita hidup di dunia dengan tujuan yang sama. Dengan menyadari hal itu, kita akan paham bahwa diri kita bukanlah siapa-siapa. Tidak ada yang patut disombongkan dari diri kita di hadapan manusia lain yang diciptakan setara oleh Tuhan. Karena itu, sejajarkanlah diri kita dengan orang lain, agar kesombongan perlahan terkikis dan hilang.

[Baca: Siapa Sebenarnya yang Gila]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *