Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 17 November 2018

Siapa Sebenarnya yang Gila


Siapa Sebenarnya yang Gila

islamindonesia.id – Siapa Sebenarnya yang Gila

 

Diriwayatkan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib: “Suatu hari saya bersama Rasulullah SAW melewati sebuah tempat. Di sana kami melihat banyak orang tengah mengelilingi seorang pria. Nabi SAW bertanya kepada seorang dari mereka, ‘Apa yang terjadi? Mengapa kalian berkumpul di sini dan apa yang dikatakannya?’

Seorang menjawab, ‘Wahai Rasulullah! Ini orang gila dan mengganggu masyarakat. Kami berkumpul di sini untuk memutuskan apa yang akan kami lakukan terhadapnya…’

Nabi SAW berkata, ‘Jangan mengatakannya orang gila. Ia sakit dan mungkin saja meraih kesembuhannya… Orang gila adalah orang yang menggerakkan tangannya ketika berjalan dikarenakan kesombongan. Dagunya di angkat ke atas dan ia tidak mau mengucapkan salam kepada masyarakat disebabkan kesombongan. Dengan kondisinya yang demikian, orang ini sangat gembira dan optimis karena berpikiran akan masuk surga, padahal keberadaannya penuh dengan dosa dan maksiat.”

***

Islam adalah agama yang mengajarkan akhlak yang luhur dan mulia. Oleh karena itu, banyak dalil Al-Quran dan Sunnah yang memerintahkan kita untuk memiliki akhlak yang mulia dan menjauhi akhlak yang tercela. Demikian pula banyak dalil yang menunjukkan pujian bagi pemilik akhlak baik dan celaan bagi pemilik akhlak yang buruk. Salah satu akhlak buruk yang harus dihindari oleh setiap Muslim adalah sikap sombong.

Sikap sombong adalah memandang dirinya berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Orang yang sombong merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya lebih mulia daripada orang lain. Padahal Allah SWT berfirman, Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Betapa buruknya nasib orang-orang yang sombong karena Allah SWT tidak menyukai mereka. Pantas saja Rasulullah SAW menyebut orang yang sombong sebagai orang gila yang sebenarnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *