Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 12 April 2016

KHAS–Sesame Street Menyambut Gadis Afghan


screenshot_03

Siapa yang tidak kenal Elmo atau Cookie Monster, dua tokoh terkenal dari tayangan Sesame Street. Dua tokoh ini pernah diadopsi dan diterjemahkan ke dalam Jalan Sesama oleh stasiun TV swasta Indonesia pada tahun 2008 silam.

Acara itu menampilkan berbagai macam karakter yang merupakan boneka tangan dan didubbing secara langsung saat acara tersebut tayang, seperti halnya wayang milik Indonesia.

Sesame Street tidak hanya diadopsi oleh Indonesia, di Afghanistan acara ini tayang dengan judul ‘Baghch E-Simsim’ dan memiliki tokoh bernama Zari. Baghch E-Simsim merupakan tayangan televisi anak dengan rating tertinggi di Afghanistan.

Zari muncul untuk menyemangati anak-anak perempuan Afghanistan agar pergi ke sekolah dan meraih cita-cita mereka. “Zari akan fokus dalam mengajarkan pemberdayaan perempuan, identitas nasional, kesehatan fisik, sosial dan kesejahteraan emosional,” ujar pihak Sesame Street.

Di Afghanistan 40% anak perempuan mengalami putus sekolah dan harus berakhir sebagai pekerja atau berdiam di rumah menunggu datangnya jodoh.

Zari akan muncul dengan pakaian khas Afghanistan serta hijab sebagai identitas muslimnya. “Sesame Street telah banyak mendidik dan menghibur dibandingkan program anak lainnya” terang Said Mohseni, Presiden MOBY grup yang telah banyak menayangkan program anak di Afghanistan.

Andi/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *