Satu Islam Untuk Semua

Monday, 22 August 2016

Sekitar 50 Orang Tewas dalam Serangan Bom di Turki


4921cea1-5c87-4f37-988a-3ed624272057

Islamindonesia.id–Sekitar 50 Orang Tewas dalam Serangan Bom di Turki

Sekitar 50 orang tewas dan lebih dari 94 luka-luka ketika sebuah serangan bom bunuh diri menyasar kerumunan orang di acara pernikahan di kota Gaziantep, tenggara Turki, Sabtu malam (20/8), demikian pernyataan dari kantor gubernur setempat.

(Baca, Turki Sebut 1 Sekolah di Yogya Terkait Teroris, Cak Nun: Bertabayyunlah!)

Menurut kantor berita Anadolu yang dikutip Associated Press, Minggu (21/8/2016), peningkatan jumlah dari yang sebelumnya dikabarkan 30 menjadi 50 ini ini diungkapkan pejabat di kantor gubernur Gaziantep.

Wakil Perdana Menteri Turki Mehmet Simsek mengumumkan bahwa serangan itu diyakini telah dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri dari kalangan ISIS. Pernyataan Simsek dibenarkan oleh Presiden Turki Erdogan. “Ledakan ini merupakan perbuatan pembom bunuh diri berusia antara 12 hingga 14 tahun yang meledakkan dirinya sendiri atau diledakkan dari jauh,” kata Erdogan dalam sebuah konferensi pers di Istanbul Ahad, sambil menambahkan bahwa hingga saat ini ada 69 korban luka-luka yang masih dirawat di rumah sakit.

(Baca, VIDEO–Ledakan di Bandara Turki: Sedikitnya 36 Tewas, 147 Luka-luka)

Insiden tersebut merupakan kelanjutan dari rangkaian gelombang kekerasan yang melanda Turki sejak negeri itu dituding terlibat aktif mendukung pemberontakan di Suriah dan Irak 5 tahun terakhir. Ratusan massa yang bersedih atas kejadian ini meneriakkan “Erdogan pembunuh”  sebagai bentuk kemarahan atas kegagalan pemerintah Turki menjaga keselamatan warganya.

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *