Satu Islam Untuk Semua

Friday, 24 February 2017

Mobil Super Mewah Anti Peluru Pangeran Saudi Tiba di Halim, Seperti Apa Wujudnya?


Mobil Super Mewah Anti Peluru Pangeran Saudi Tiba di Halim, Seperti Apa Wujudnya

islamindonesia.id – Mobil Super Mewah Anti Peluru Pangeran Saudi Tiba di Halim, Seperti Apa Wujudnya?

 

Dalam kunjungannya ke Indonesia pada 1 hingga 9 Maret 2017, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia telah mengirim barang-barang bawaan. Salah satu barang yang spesial ada Mercedes-Benz S600.

“Barang-barang kargonya itu membawa banyak barang-barang yang unik, yang paling menarik tiba pada tanggal 18 Februari kemarin di Bandara Halim Perdanakusuma, mobil Mercedes S600,” kata Corporate Communications PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Martha Lory Fransisca, Kamis (23/2/2017).

Dua unit Mercedes-Benz S600 telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dari Arab Saudi pada 18 Februari. Mobil mewah lansiran Jerman itu rencananya bakal digunakan pangeran kerajaan Arab Saudi ketika berlibur di Bali pada 4-9 Maret mendatang.

Sebagai negara yang cukup berpengaruh di Dunia, Arab Saudi tentu saja memberikan mobil dengan tingkat keamanan tinggi untuk para pangerannya. Sehingga, mobil yang bakal digunakan kemungkinan adalah Mercedes Maybach S600 Guard.

Mercedes Maybach S600 Guard merupakan produk andalan three pointed star sebagai mobil mewah dengan tingkat perlindungan tinggi. Sebagaimana dilansir laman Media Daimler, Kamis (23/2/2017), mobil ini memenuhi sertifikasi VR10 dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman.

Dijelaskan, standar VR10 memastikan panel bodi dan kaca mobil anti-peluru dari senapan serbu. Mercedes-Benz mengklaim, Maybach S600 Guard merupakan mobil non-militer pertama yang telah lolos sertifikasi itu.

Kemampuan ini tak lepas dari penerapan struktur dasar pada tahap produksi bodyshell. Komponen pelindung berbahan baja khusus diaplikasikan pada rongga antara struktur bodi dan panel luar.

Selain itu, Mercedes Maybach S600 Guard juga telah memenuhi standar Directive ERV 2010. Artinya, Mercedes Maybach S600 ini tahan terhadap ledakan TNT di bawah 15 kilogram dengan jarak minimal 4 meter atau lebih.

Perlindungan di kabin juga jadi prioritas. Mercedes-Benz menerapkan sebuah mekanisme yang bisa membuang gas berbahaya yang terdeteksi di dalam kabin untuk dibuang ke luar. Adapula, ruang khusus untuk menyimpan barang-barang berharga, dan tangki dengan fitur self-healing.

Sehingga Mercedes-Benz mengklaim mobil ini bisa diandalkan ketika melakukan evakuasi untuk keluar dari wilayah berbahaya atau menghindari dari serangan-serangan yang tidak diinginkan.

Menyoal jantung mekanis, Mercedes Maybach S600 Guard dibekali mesin V12 twin-turbo 6,0 liter yang menjanjikan tenaga 520 PS dan torsi puncak 830 Nm.

Mobil ini dihargai 470.000 Euro atau sekitar Rp 6,6 miliar setiap unitnya.

Menurut Martha Mercedes Maybach S600 Guard ini akan digunakan Pangeran Saudi saat mereka berlibur di Bali selama 5 hari, dari tanggal 4 hingga 9 Maret nanti.

“Sudah dibawa dari Jakarta ke Denpasar. Sudah di-testdrive, berarti tinggal siap pakai oleh pangeran,” ungkapnya.

[Baca: Berapa Estimasi Biaya Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia?]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *