Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 23 February 2017

Berapa Estimasi Biaya Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia?


Berapa Estimasi Biaya Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia

islamindonesia.id – Berapa Estimasi Biaya Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia?

 

Delegasi Arab Saudi akan melangsungkan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz ini akan dimulai pada 1 Maret 2017.

Namun, kunjungan resmi kali ini begitu istimewa bagi Arab Saudi. Rombongan yang akan tiba berjumlah 1.500 orang. Jumlah tersebut terdiri dari pejabat pemerintah Arab Saudi, pangeran Kerajaan Arab Saudi, dan keluarga kerajaan lainnya. Terdapat agenda tambahan 6 hari berlibur ke Pulau Bali.

[Baca: Kunjungi Indonesia Awal Maret, Raja Salman Siap Bawa Rombongan 1.500 Orang, 10 Menteri dan 25 Pangeran]

Dengan jumlah rombongan begitu banyak dan agenda berlibur, Kerajaan Arab Saudi dipastikan merogoh kocek yang tidak sedikit.

Dengan melakukan simulasi anggaran kunjungan ke Indonesia kali ini menggunakan standar yang digunakan sebelumnya, yakni dengan menilik kebiasaan Raja Salman dari kunjungan-kunjungan ke negara lainnya, maka akan didapatkan perkiraan biaya sebagai berikut.

Tiket Pesawat

Jika disimulasikan dengan maskapai penerbengan komersil yaitu penerbangan Saudia Airlines Riyadh – Jakarta. Asumsi harga tiket yang digunakan dalam perhitungan ini adalah Saudia Airlines pulang pergi dengan rute tersebut adalah Rp 10 juta.

Untuk mengangkut sejumlah 1.500 orang, rombongan Kerajaan Arab Saudi akan menggunakan 7 pesawat berbadan lebar. Jika dikalikan dengan jumlah peserta, jumlahnya bisa mencapai Rp 14,550 miliar.

Untuk memenuhi jadwal kunjungan ke Bali, rombongan akan kembali menempuh penerbangan dengan rute Jakarta Denpasar. Harga tiket pesawat untuk rute tersebut adalah Rp 4 juta untuk tiket pulang pergi. Total biaya yang dihabiskan untuk pesawat menuju ke Bali tersebut mencapai Rp 6 miliar.

Tentu semua tiket tersebut dihitung kelas ekonomi. Sebagai pemimpin negara, fasilitas yang didapat bisa setara kelas bisnis atau bahkan first class. Sehingga ada kemungkinan biaya jauh di atas perhitungan tersebut.

Sewa Mobil Mewah

Anggaran transportasi tidak hanya berhenti di pesawat. Rombongan Arab Saudi punya gaya tersendiri dalam melakukan kunjungan ke luar negeri. Mereka akan menyewa mobil mewah untuk seluruh delegasi.

Kunjungan di Washington DC, rombongan Kerajaan Arab Saudi menyewa 400 mobil Mercedez Benz. Hal serupa juga kembali dilakukan saat Raja Salman berkunjung ke Prancis.

Jika di Jakarta, mobil dengan merk tersebut disewakan dengan harga Rp 20 juta per hari. Dengan asumsi jumlah mobil yang akan disewa oleh Kerajaan Arab Saudi sebanyak 400 mobil, anggaran yang dihabiskan akan sebanyak Rp 8 miliar per hari.

Biaya Penginapan

Saat kunjungan kenegaraan di Amerika Serikat, Kerajaan Arab Saudi menyewa satu hotel secara privat. Four Seasons Hotel, sebuah hotel mewah di wilayah Goergetown, Washington DC, disulap menjadi “milik” Raja Salman dan rombongan untuk beberapa hari.

Dengan standar hotel Four Seasons di Bali, harga per kamarnya sekitar Rp 12 juta per malam. Kunjungan di Indonesia akan dilangsungkan 9 hari 8 malam. Jika dihitung kebutuhan 750 kamar, harganya Rp 9 miliar per hari. Totalnya bisa mencapai Rp 72 miliar.

Sekali lagi, angka ini kemungkinan masih jauh di bawah sebenarnya. Sebab, ada kemungkinan rombongan menggunakan satu kamar per orang, bukan satu kamar untuk berdua. Hitungan sewa satu hotel full juga biasanya lebih mahal.

Biaya Makan

Angka yang digunakan untuk menghitung jumlah pengeluaran untuk makan didasarkan pada harga restoran hotel bintang 5. Baik di Bali maupun di Jakarta, harga restoran berkisar di angka Rp 250 ribu per pax.

Untuk seluruh perkiraan kebutuhan pokok perjalanan 1.500 rombongan dari kerajaan Arab Saudi selama 9 hari, totalnya mencapai Rp 6,7 miliar.

Perlu diketahui, kunjungan rombongan kerajaan Arab terakhir terungkap saat Raja Abdullah berkunjung ke Spanyol untuk berlibur. Mengutip dari Guardian, pada tahun 2005 Raja Abdullah membawa rombongan sejumlah 3000 orang, menyewa 300 kamar hotel, dan 100 mobil Mercedez baru dari Jerman. Keluarga kerajaan Arab Saudi saat itu siap menghabiskan 60 juta dolar atau setara Rp 780 miliar.

 

EH / Islam Indonesia

One response to “Berapa Estimasi Biaya Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *