Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 19 January 2017

Misteri Uang Rupiah di Apartemen Pelaku Teror Istanbul


Misteri Uang Rupiah di Apartemen Pelaku Teror Istanbul

islamindonesia.id – Misteri Uang Rupiah di Apartemen Pelaku Teror Istanbul

 

Setelah lebih dua pekan buron, pelaku penyerangan kelab malam Reina di Istanbul pada malam pergantian tahun baru lalu akhirnya ditangkap aparat kepolisian Turki. Tersangka yang bernama Abdulgadir Masharipov menjadi ‘the most wanted’ di Turki setelah melakukan penyerangan dan penembakan di Reina yang menewaskan 39 orang, 27 diantaranya adalah warga negara asing. Dalam peristiwa ini, sedikitnya 69 orang lainnya terluka.

[Baca: Malam Pergantian Tahun, Teror Bom Guncang Irak dan Turki]

Seperti dirilis Aljazeera, Abdulgadir Masharipov ditangkap di sebuah apartemen di distrik Esenyurt Istanbul. Bersama penangkapan itu, barang-barang milik tersangka diekspos oleh media. Yang unik, ditemukan uang Rupiah sebesar Rp 12.000. Pecahan 2000 dan 10.000 Rupiah itu ditemukan di antara mata-mata uang dari negara lain. Selain uang-uang dari berbagai negara, ditemukan juga surat tanpa alamat yang ditujukan kepada ‘My Darling’ dalam bahasa Inggris dan Arab. Selain Abdulgadir, empat orang lainnya yang berada di apartemen juga ditangkap.

Hanya beberapa jam setelah ditangkap, Abdulgadir mengakui bahwa dialah pelaku penyerangan saat awal tahun baru di kelab malam Reina. Sebelumnya, ISIS sudah mengklaim penyerangan itu memang dilakukan pihaknya sebagai sebuah balas dendam kepada Turki terkait intervensinya atas politik Suriah.

Abdulgadir merupakan pria berkebangsaan Uzbekistan yang mendapat pelatihan di Afghanistan. Di Uzbekistan sendiri, Abdulgadir Masharipov atau Abu Mohammed Horasani juga menjadi buronan karena keaktifannya dalam kelompok ekstremis di Afghanistan. Dari hasil investigasi diketahui, Abdulgadir sudah tinggal di Turki sejak tahun 2011 dan dikabarkan mendapat dukungan dari ISIS. Sebelumnya, sudah banyak orang ditangkap terkait aksi pembunuhan di malam tahun baru itu. Sementara Abdulgadir diduga sebagai pelaku utamanya.

[Baca: Misteri Pelaku Bom Istanbul Terkuak, ISIS Akui Bertanggungjawab]

Keberadaan uang 12 ribu Rupiah di tangannya tentu membuat kita bertanya-tanya, sebenarnya apa hubungannya pelaku terorisme ini dengan Indonesia?

Sampai saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai keberadaan uang rupiah di TKP penangkapan Abdulgadir Masharipov.

Dari mana dan kenapa ada uang Rupiah di sana menimbulkan berbagai spekulasi. Apakah dia memang memiliki jaringan di Indonesia dan pernah berkunjung ke negara kita sebelumnya? Menilik adanya pecahan-pecahan lain dalam mata uang berbagai negara, apa mungkin pelaku memang gemar mengoleksi mata uang asing? Atau mungkin sebelumnya dia pernah mencopet orang Indonesia di Turki? Belum bisa dipastikan juga.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *