Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 03 January 2017

Misteri Pelaku Bom Istanbul Terkuak, ISIS Akui Bertanggungjawab


misteri-pelaku-bom-istanbul-terkuak-isis-akui-bertanggungjawab

islamindonesia.id – Misteri Pelaku Bom Istanbul Terkuak, ISIS Akui Bertanggungjawab

 

Aksi serangan bom terhadap sebuah klub malam di Istanbul, Turki pada malam pergantian tahun yang dilakukan oleh seorang pria bersenjata berkostum Santa Claus telah menewaskan sedikitnya 39 orang dan lebih dari 50 orang menderita luka-luka. Pihak pemerintah Turki sebelumnya masih belum dapat memastikan siapa pelaku di balik aksi teror yang terjadi bertepatan dengan momen perayaan malam Tahun Baru itu.

[Baca: Malam Pergantian Tahun, Teror Bom Guncang Irak dan Turki]

Tak berlangsung lama, hanya selang sehari, muncul pernyataan terbuka dari pihak ISIS yang mengaku berada di balik aksi teror bom tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis secara online, ISIS mengatakan, serangan itu memang sengaja ditujukan bagi mereka yang mendukung negara-negara Barat. Kelompok itu mengaku, target utama mereka adalah umat Kristiani yang sedang merayakan pergantian tahun.

“Dalam kelanjutan dari operasi terhadap mereka yang melindungi salib, Turki, seorang anggota kami menyerang salah satu klub malam paling terkenal, di mana orang-orang Kristen merayakan liburan mereka,” bunyi pernyataan ISIS, seperti dilansir Reuters pada hari Senin (2/1/2017).

Pelaku penyerangan yang diketahui menggunakan topi Santa Claus diketahui sejauh ini masih buron. Otoritas keamanan Turki dilaporkan telah meluncurkan perburuan besar-besaran untuk menemukan pelaku.

Sementara itu, sejumlah pihak yang diduga memiliki informasi mengenai pelaku, saat ini sedang diinterogasi. Salah satunya adalah supir taksi yang membawa pelaku ke lokasi kejadian.

[Baca: Kemlu Pastikan Tak Ada WNI Jadi Korban Bom Istanbul Turki]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *