Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 23 February 2017

Layak Ditiru, Kampanye Cerdas Muslimah Kanada Bendung Islamophobia


Layak Ditiru, Kampanye Cerdas Muslimah Kanada Bendung Islamophobia

islamindonesia.id – Layak Ditiru, Kampanye Cerdas Muslimah Kanada Bendung Islamophobia

 

Muslimah di Kanada turun ke jalan-jalan bukan untuk berdemonstrasi. Mereka menebar senyum, membagikan ribuan kue, dan mengucap kata “salam”. Dengan cara ini, mereka berharap warga Kanada mengerti bahwa Islam itu damai, dan Islamophobia harus luruh secepatnya.

Melalui kampanye “Salaam Canada” wanita-wanita Muslimah dari Koalisi Wanita Muslim Kitchener dan Waterloo berupaya membangun jembatan komunikasi dengan warga non-Muslim. Kampanye ini dilakukan menyusul penembakan di sebuah masjid di Kanada yang menewaskan lima orang bulan lalu.

[Baca: Lebih dari 40 Muslim Diserang di Masjid Kanada, 5 Tewas]

“Kampanye kami bertujuan membangun hubungan antara Muslim dan komunitas melalui pembagian kue rumahan sederhana dan kebaikan,” kata Fauiza Baig dari koalisi Muslimah Kanada pada Senin (20/2/2017) dikutip dari media lokal 570 News.

“Harapannya, dengan berbagi senyum yang tulus, kue manis dan kata ‘Salam’, kami bisa melanjutkan upaya melawan Islamophobia dan membangun jembatan kesepemahaman dan komunikasi,” ujar Baig lagi.

Pembagian kue gratis dilakukan di beberapa titik kumpul warga, di antaranya di Alun-alun Uptown Waterloo, dan alun-alun Carl Zehr. Kehangatan terjalin di antara warga dan para Muslimah di tengah cuaca yang hampir 0 derajat.

Para relawan Muslimah membagikan total 1.500 kue yang mereka panggang bersama di akhir pekan. Melalui kue mentega, kue isi selai atau kue dengan taburan kepingan cokelat, Muslim Kanada membuka percakapan dengan masyarakat setempat soal Islam.

“Masyarakat bertanya kepada kami apa artinya ‘salam’. Mereka sangat ramah,” kata Wisam Osman, anggota koalisi Muslimah Kanada, dikutip dari media lokal lainnya, The Record. Salam adalah bahasa Arab yang berarti keselamatan.

“Visi kami adalah membangun jembatan antara wanita Muslim dan seluruh masyarakat,” lanjut Osman lagi.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *