Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 03 January 2017

Kerukunan Agama Terancam, ICMI Rancang Program Religius Harmony di Tiap Provinsi


kerukunan-agama-terancam-icmi-rancang-program-religius-harmony-di-tiap-provinsi

islamindonesia.id – Kerukunan Agama Terancam, ICMI Rancang Program Religius Harmony di Tiap Provinsi

 

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly ‎Asshiddiqie menuturkan, akan mendorong organisasi yang dipimpinnya tidak hanya aktif dalam bidang pemikiran. ICMI, kata Jimly, juga siap berkiprah nyata di tengah masyarakat.

“ICMI juga akan membuat gerakan koperasi, bisnis untuk usaha kecil. Dengan begitu ICMI hadir tidak hanya dalam kegiatan pemikiran tapi aksi konkret di masyarakat,” katanya di Jakarta, Selasa (3/1/2017)

Masih kata ‎Jimly, belakangan ini ada gejala kerukunan umat yang terganggu karena kurang adanya harmonisasi di tengah umat beragama. Untuk itu ICMI juga sedang merancang program Religius Harmony di setiap provinsi, mulai dari Sabang sampai Merauke.

[Baca: Ketua Umum ICMI Minta Pemerintah Rangkul Seluruh Umat Islam, Bukan NU dan Muhammadiyah Saja]

“Kita berharap upaya menjaga kerukunan umat beragama jangan sampai dikorbankan oleh dinamika Pilkada di beberapa daerah. Kegiatan ini (religion and peace) akan‎ kita dorong ke berbagai provinsi,” tambahnya.

Selain itu, ICMI juga mendorong agar pendekatan masyarakat terhadap agama didasarkan pada pemikiran rasional‎. Di antaranya dengan melakukan kajian ilmiah terkait pendekatan agama di kampus-kampus.

“Kami dorong pendekatan terhadap agama dilakukan secara rasional dan tidak melalui emosi,” pungkas Jimly.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *