Satu Islam Untuk Semua

Friday, 04 November 2016

Jawab Teka-Teki Asal Dana Demo 4 November, PPATK Siap Lakukan Penelusuran


islamindonesia.id – Jawab Teka-Teki Asal Dana Demo 4 November, PPATK Siap Lakukan Penelusuran

 

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin menanggapi dugaan salah satu ormas keagamaan yang disebut-sebut menerima kucuran dana hingga Rp10 miliar dari mantan petinggi negara.

[Baca: Soal Keterkaitan SBY dengan Demo 4 November, JK: Saya tidak Percaya]

Bahkan demonstrasi itu disebut ditujukan untuk menumbangkan calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Namun Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan tersebut. Meski demikian ditegaskannya bahwa PPATK siap menindaklanjuti laporan tersebut.

“Saya belum cek apakah ada permintaan. Belum ada laporan dari lembaga untuk menelusuri aliran dana demo tersebut,” kata Badaruddin di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016).

Menurutnya, mekanisme yang dilakukan PPATK dalam melakukan penelusuran suatu aliran dana adalah dengan menunggu laporan terlebih dahulu dan laporan tersebut resmi dilakukan oleh lembaga atau institusi yang berwenang.

[Baca: Peta Kelompok Pendukung Demo 4 November]

“Biasanya yang dilakukan oleh PPATK itu berdasarkan laporan. Itu harus ada permintaan dari lembaga yang resmi menangani itu,” kata dia.

Untuk itu, kata Badar, pihaknya bisa menindaklanjuti dugaan aliran pendanaan untuk demo 4 November asalkan didahului laporan.

“Ya mungkin saja dilakukan. Tapi saya belum cek apakah ada permintaan. Belum ada laporan untuk menelusuri aliran dana demo tersebut,” tandas mantan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *