Satu Islam Untuk Semua

Friday, 04 November 2016

Peta Kelompok Pendukung Demo 4 November


Aksi Massa Bela Islam I

islamindonesia.id — Peta Kelompok Pendukung Demo 4 November

Ada banyak dugaan seputar siapa saja di balik aksi demo 4 November. Yang paling tampak dan nyaring adalah kelompok-kelompok Islam semisal Front Pembela Islam. Tapi banyak pihak mulai menduga ada kekuatan-kekuatan lain yang juga ikut mendukung aksi 4 November.

Salah satu yang baru belakangan mencuat adalah kekuatan mantan presiden yang kini menjabat Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai SBY telah melakukan blunder karena reaksinya yang berlebihan terkait aksi demonstrasi Jumat 4 November besok.

Soal Keterkaitan SBY dengan Demo 4 November, JK: Saya tidak Percaya

Menurut Haris, reaksi SBY yang terlihat emosional dalam menanggapi tuduhan dirinya ikut mendanai demonstrasi itu justru membuat masyarakat tahu bahwa presiden keenam RI itu memang memiliki kepentingan.

“Justru kalau dia klarifikasi sesuatu yang sumbernya tidak jelas, justru publik jadi tahu. Saya juga jadi tahu, tadinya kan enggak ngeh,” kata Syamsuddin saat dihubungi Kompas Kamis (3/11).

“Sebab, itu kan sifatnya tuduhan, soal intelijen, keterlibatan parpol, kita tidak tau sumbernya kecuali media sosial. Medsos kan enggak bisa dipertanggungjawabkan, apakah hoax atau sudah dipelintir,” tambah Syamsuddin.

Haris menambahkan, ”Sangat disayangkan pernyataan itu menjadi tidak obyektif kalau dihubung(kan) dengan fakta Agus sebagai calon gubernur Pilkada Jakarta,” kata Syamsuddin.

Kelompok lain yang mendukung aksi demo 4 November ialah kelompok masyarakat Muslim yang bergerak akibat kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Berdasarkan yang mereka pahami, pernyataan Ahok tentang Al Maidah 51 telah menodai Islam dan Al-Qur’an. Meski belum terbukti dalam proses pengadilan, dugaan ini telah menyulut sentimen keagamaan mereka untuk berangkat berdemo tanggal 4 November.

Kelompok ini tentu saja merasa berpegang pada apa yang disebut sebagai fatwa MUI dan pendapat para ulama. Namun dalam soal ini tampaknya ada yang aneh. Beberapa hari lalu MUI memberikan klarifikasi bahwa mereka tidak pernah mengeluarkan fatwa. Lalu sejumlah ulama dan habaib ternama juga mengimbau untuk tidak berdemo. Motif keagamaan untuk berdemo ini tampaknya tidak sepenuhnya bisa dipertanggungjawabkan.

Klarifikasi MUI: Tidak ada Anjuran Demo 4 November

Di antara spekulasi yang berkembang akhir-akhir ini adalah bahwa di dalam kelompok di atas terdapat anasir radikal yang terindikasi ingin menunggangi aksi 4 November di atas untuk melakukan konsolidasi. Tapi spekulasi ini juga tidak bisa sepenuhnya dibuktikan, terlebih bila dikaitkan dengan Ikhwanul Muslimin Mesir yang telah keok dan bertekuk lutut. Lucunya konon angka 4 mengisyaratkan simbol yang dipakai kalangan Ikhwan di Mesir, Turki dan negara-negara lain. Ini agaknya wangsit yang telat turun.

Kenapa Da’i Aswaja “Menolak” Demo 4 November? Ini Alasan Sebenarnya

Kelompok lain yang juga tak kalah bersemangatnya dalam mendukung aksi 4 November barangkali adalah berbagai kekuatan yang kalah dalam kontestasi politik di tingkat nasional maupun lokal. Di alam demokrasi, kelompok seperti ini memang biasanya menyimpan energi untuk comeback dan peruntungan. Militansi mereka juga biasanya tak kalah dibanding yang lain, khususnya bila mereka melihat peluang situasi yang dapat melemahkan status quo.

Kelompok lain yang juga mungkin ikut mendukung aksi besok adalah kaum marjinal, yakni kelas menengah bawah yang tidak ikut menikmati pembangunan Jakarta. Mereka justru merasakan kecemburuan sosial ekonomi. Mereka juga mungkin terpaksa digusur karena dianggap tidak cocok dengan lanskap Jakarta. Dan biasanya bila kelompok ini ikut mendukung, maka kekuatan dan energi mereka bisa mengalahkan yang lain. Kebanyakan analisis mengecilkan kemungkinan masuknya kelompok ini dalam basis massa yang ikut beraksi 4 November esok.

Peneliti IPAC: Ideologi FPI Terima Demokrasi, Tapi Bisa Main Hakim Sendiri

Nah, street talks yang berkembang beberapa pekan terakhir menyebutkan bahwa ada skenario intelijen yang juga akan memanfaatkan aksi 4 November menjebak dan ujungnya meringkus elemen-elemen garis keras Islam. Inilah skenario yang mirip dengan yang dimainkan oleh Al Sisi saat menghadapi Ikhwanul Muslimin Mesir. Benarkah demikian?

Kapolri Tito: “Demo 4 November Juga Dipicu Agenda Khilafah”

Yang jelas, semua warga negara mengharapkan aksi 4 November berlangsung aman dan damai, tanpa ada yang dirugikan, baik yang ikut berdemo maupun yang tidak. Pada akhirnya, kita semua satu bangsa dan hidup di satu negara yang wajib sama-sama kita jaga.

AJ/Islam Indonesia

One response to “Peta Kelompok Pendukung Demo 4 November”

  1. wool says:

    Heh berita provokatif banget dan gak bisa dipertanggungjawabkan gini koq diposting

  2. arifin says:

    Trus lalukan aksi bela ISLAM,,, ini adalah sebuah JIHAT di jalan ALLAH,,,!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *