Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 28 February 2017

Jawab Isu Raja Salman Akan Temui Habib Rizieq, Dubes Saudi: Itu Wewenang Kemenlu Indonesia


Jawab Isu Raja Salman Akan Temui Habib Rizieq, Dubes Saudi Itu Wewenang Kemenlu Indonesia

islamindonesia.id – Jawab Isu Raja Salman Akan Temui Habib Rizieq, Dubes Saudi: Itu Wewenang Kemenlu Indonesia

 

Selama kunjungan ke Indonesia, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dikabarkan tak hanya akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), tapi juga akan menemui para pemimpin organisasi massa (ormas) Islam. Bahkan muncul isu bahwa Raja Salman akan bertemu dengan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Dikonfirmasi hal ini, Pemerintah Saudi melalui Duta Besar (Dubes)-nya di Jakarta, menjawab soal isu itu. Dubes Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengatakan, Raja Salman akan menemui pihak Indonesia termasuk para alim ulama berdasarkan referensi dari Kementerian Luar Negeri.

Ditanya daftar ormas Islam maupun ulama yang akan melakukan pertemuan dengan Raja Salman, Osama menyebut daftar itu sudah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia, dalam hal ini oleh Kementerian Luar Negeri. Menurutnya, benar bahwa Raja Salman diagendakan bertemu para pemimpin ormas Islam. Tapi, soal isu akan bertemu Habib Rizieq, diplomat Saudi itu memilih bungkam.

”Selama di sini dia (Raja Salman) akan bertemu dengan Presiden Jokowi. Kemudian, menyampaikan pidato di DPR RI. Selanjutnya, mengunjungi Masjid Istiqlal. Dia juga juga akan bertemu dengan ormas Islam dan dengan para pemimpin agama yang sudah ditentukan. Yang memutuskan nama-nama adalah Kemenlu, pihak yang memberikan nama-nama itu ke kami. Mereka memberikan nama-nama itu kepada kita dan kita akan mengikuti yang telah diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia,” kata Dubes Osama dalam konferensi pers, di kantornya, Kuningan Jakarta Selatan, pada hari Selasa (28/2/2017).

Dengan begitu, kata dia, untuk menentukan yang akan diterima Raja (Salman) dan daftar ormas Islam lainnya adalah wewenang pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia. Maka selain nama-nama yang diberikan oleh pihak Kemenlu dapat dipastikan tidak akan bisa bertemu dengan Raja Salman. Penegasan itu disampaikan saat ditanya apakah Raja Salman akan menemui Habib Rizieq.

Raja Salman dijadwalkan tiba di Indonesia pada Rabu (1/3/2017). Presiden Joko Widodo akan langsung menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, kedua Kepala Negara akan melakukan pertemuan di Istana Bogor.

Raja Salman akan berada di Jakarta dan melakukan berbagai kegiatan lain hingga 4 Maret. Setelah itu, baru lah Raja Salman dan rombongan yang terdiri dari 1500 orang berlibur di Bali hingga tanggal 9 Maret.

Isu bahwa Raja Salman akan turut melakukan pertemuan Habib Rizieq sempat mencuat ke publik. Kuasa hukum Habib Rizieq bahkan pernah mengklaim dihubungi pihak Kerajaan Saudi. Hanya saja, komunikasi itu tidak untuk membahas pertemuan Raja Salman dan Habib Rizieq.

Kapitra Ampera selaku kuasa hukum Habib Rizieq beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa Raja Salman akan bertemu dengannya secara pribadi.

“Jadi, belum lama saya dihubungi bagian protokoler Pangeran Arab Saudi. Katanya, Raja mau bertemu dengan saya empat mata,” ujar Kapitra ketika dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (24/2/2017) lalu.

[Baca: Kuasa Hukum Habib Rizieq: Raja Salman Nyatakan Ingin Bertemu Empat Mata]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *