Satu Islam Untuk Semua

Monday, 02 April 2018

Indonesia Kecam Keras Tindakan Represif Israel Tewaskan Demonstran


Indonesia Kecam Keras Tindakan Represif Israel Tewaskan Demonstran

islamindonesia.id – Indonesia Kecam Keras Tindakan Represif Israel Tewaskan Demonstran

 

Melalui Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Indonesia mengecam keras serangan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap para demonstran Palestina di Jalur Gaza. Serangan represif tersebut sudah menewaskan sedikitnya 17 orang dan menyebabkan ratusan bahkan sekitar 1.400 lainnya luka-luka.

“Indonesia mengecam keras serangan oleh tentara Israel kepada warga Palestina yang sedang berdemo di perbatasan Gaza dan Israel, yang mengakibatkan puluhan warga Palestina meninggal dan ratusan luka-luka,” ujar Kementerian Luar Negeri RI dalam pernyataan resminya, Sabtu (31/3/2018).

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam dan solidaritas kepada korban dan keluarga korban akibat aksi serangan tentara Israel tersebut,” imbuh pernyataan tersebut.

Indonesia menegaskan bahwa pemerintah Israel memiliki tanggung jawab di bawah hukum hak asasi manusia (HAM) dan kemanusiaan internasional untuk melindungi warga sipil dari kekerasan. Senada dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pemerintah Indonesia mendesak agar segera dilakukan investigas menyeluruh terhadap penggunaan kekerasan berlebihan.

“Pemerintah Indonesia mendesak agar segera dilakukannya investigasi menyeluruh terhadap penggunaan kekerasan yang berlebihan tersebut dan agar hasilnya dipublikasi secara utuh. Dampak aksi kekerasan dan kekejaman oleh tentara Israel tersebut dinilai menjadi ancaman terhadap upaya perdamaian di Palestina dan kawasan Timur Tengah,” kata Kementerian Luar Negeri RI.

Seperti diberitakan, unjuk rasa tersebut digelar guna memperingati ‘Land Day’ serta mendesak agar para pengungsi Palestina diberikan hak untuk kembali ke wilayahnya yang kini dikuasai Israel. Puluhan ribu warga Palestina ikut serta dalam unjuk rasa yang dijadwalkan berlangsung selama enam pekan itu. Mereka mendirikan tenda-tenda di dekat perbatasan Jalur Gaza dengan Israel.

[Baca: Sniper Israel Tembaki Demonstran, Belasan Tewas Ribuan Terluka]

Sejumlah keluarga turut membawa anak-anaknya untuk menginap di tenda-tenda yang hanya berjarak beberapa meter dari tembok pengamanan Israel di Jalur Gaza. Menurut otoritas Israel, jumlah pengunjuk rasa diperkirakan mencapai 30 ribu orang.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *