Satu Islam Untuk Semua

Monday, 15 May 2017

Hadiri Rakernas Pengusaha Muslimah, Menaker Sebut 3 Masalah Utama Indonesia


islamindonesia.id – Hadiri Rakernas Pengusaha Muslimah, Menaker Sebut 3 Masalah Utama Indonesia

 

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyebut, ada 3 persoalan mendasar yang masih dihadapi Indonesia hingga saat ini. Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI).

“Ada 2 fenomena besar yang dihadapi RI, pertama terkait tiga problem dasar yang kita hadapi sebagai bangsa yaitu ketimpangan, kemiskinan, dan pengangguran,” katanya di Grand Sahid Hotel Jakarta, Senin (15/5/2017).

Meski belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah, namun Hanif menyatakan, apa yang sudah diupayakan oleh pemerintah saat ini perlahan sudah menunjukkan hasil yang positif dalam meminimalkan persoalan di atas.

“Alhamdulillah sekarang kalau kita lihat statistik, data kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran menurun. Walaupun belum sesuai dengan yang kita harapkan,” jelasnya.

Hanif pun menjabarkan, penurunan angka kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran yang sudah mengalami penurunan.

“Kemiskinan dari sekira 11,1% turun menjadi 10,7%. Ketimpangan yang bisa kita lihat gini rasio dari 0,41% jadi 0,39%. Pengangguran Agustus 2016 6,18% sekarang Februari turun ke 5,2%,” turut Menaker.

Mengacu data tersebut, dirinya mengatakan bahwa hal tersebut memberikan optimisme mengenai apa yang telah diupayakan sejauh ini sudah cukup memberikan hasil yang cukup baik. Menurutnya pemerintah pun terus berusaha untuk terus menurunkan angka tersebut.

“Sekarang ini pemerintah terus bekerja memastikan angka bisa terus kita turunkan dan kesejahteraan masyarakat meningkat. Itu fenomena pertama yang jadi tantangan tapi sudah ada sedikit perubahan sehingga pantas kita optimistis,” pungkasnya.

[Baca: Menaker Puji Peran Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia bagi Perekonomian dan Kebinekaan]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *