Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 26 February 2017

Dampak Kebijakan Trump, Anak Muhammad Ali Ditahan Pihak Imigrasi di Bandara


Dampak Kebijakan Trump, Anak Muhammad Ali Ditahan Pihak Imigrasi di Bandara

islamindonesia.id – Dampak Kebijakan Trump, Anak Muhammad Ali Ditahan Pihak Imigrasi di Bandara

 

Putra legenda tinju dunia Muhammad Ali, Muhammad Ali Jr, ditahan secara ilegal oleh petugas imigrasi Amerika Serikat (AS) di bandara Florida selama dua jam. Dia tiba-tiba ditahan setelah petugas bertanya, “Apakah Anda Muslim?”

Agama putra legenda tinju ini ditanya hingga dua kali. ”Dia sangat terguncang tentang hal itu. Dia tidak pernah diperlakukan seperti ini sebelumnya,” kata pengacara Muhammad Ali Jr, Chris Mancini kepada Russia Today.

”Dia tidak tahu apa yang sedang terjadi, dan bertanya (pada pihak imigrasi); ‘Mengapa Anda melakukan ini? Ayah saya adalah Muhammad Ali dan mereka hanya memberikan omong kosong’,” lanjut Mancini menirukan pengakuan kliennya.

Asal usul nama putra legenda tinju ini juga dipertanyakan petugas imigrasi. ”Dari mana Anda mendapatkan nama Anda?,” kata Mancini menirukan pertanyaan petugas imigrasi kepada kliennya. ”Apakah Anda Muslim?,” lanjut pernyataan petugas imigrasi.

Muhammad Ali Jr terus diinterogasi petugas setelah dia mengakui bahwa dirinya seorang Muslim. Dia lahir Philadelphia dan memegang paspor AS.

Penahanan Ali Jr ini seiring dengan dijalankannya kebijakan imigrasi pemerintah Presiden Donald Trump. Kebijakan itu berisi larangan masuk bagi imigran asal tujuh negara Muslim Timur Tengah dan Afrika.

Hakim pengadilan federal AS sejatinya telah membatalkan kebijakan Trump ini. Namun, pelaksanaan perintah eksekutif Presiden Trump terus berjalan.

”Dia duduk di sana selama dua jam, dan kemudian mereka (petugas imigrasi) membiarkan dia pergi,” lanjut Mancini, yang dikutip Minggu (26/2/2017).

Penahanan Muhammad Ali Jr itu terjadi saat dia melakukan perjalanan kembali dari Jamaika dengan ibunya, Khalilah. Mereka terbang ke Lauderdale-Hollywood, Bandara Internasional Fort ketika petugas imigrasi menghentikan mereka.

Ibu Ali Jr menunjukkan fotonya dengan mantan suaminya yang meninggal pada tahun lalu kepada petugas. Berkat foto itu, Khalilah tidak ditahan.

Namun, Ali Jr dianggap tidak mirip dengan yang ada di foto. Dia kemudian ditahan petugas imigrasi selama dua jam.

Apa yang menimpa Ali Jr, mirip perlakuan diskriminatif yang dialami aktris Hollywood Lindsay Lohan yang sempat diminta menanggalkan jilbabnya saat berada di bandara belum lama ini. Saat itu Lindsay baru saja tiba di New York sepulang dari Turki.

[Baca: Dalami Islam dan Kerap Berhijab, Lindsay Lohan Alami Perlakuan Tak Menyenangkan]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *