Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 27 October 2016

Cegah Terorisme Kian Berkembang, BNPT Libatkan Pakar Lintas Keahlian


cegah-terorisme-kian-berkembang-bnpt-libatkan-pakar-lintas-keahlian

islamindonesia.id — Cegah Terorisme Kian Berkembang, BNPT Libatkan Pakar Lintas Keahlian

 

Maraknya aksi-aksi terorisme beberapa bulan terakhir, memantik keprihatinan banyak pihak, tak terkecuali Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pimpinan Komjen Pol Suhardi Alius. Untuk itu, BNPT segera berinisiatif melibatkan para pakar untuk mendalami perkembangan kasus terorisme baik yang terjadi di Tanah Air maupun di mancanegara.

[Baca: Mengejutkan! ISIS Klaim Pelaku Teror Tangerang adalah Simpatisannya]

Para ahli yang digandeng BNPT untuk membahas persoalan tersebut di antaranya adalah Ansyaad Mbai, Azyumardi Azra, Syaiful Bakhri, dan Hamdi Muluk. Ada juga Iwan Gardono Sujatmiko, Romli Atmasasmita, Hamdan Zoelva, Hikmahanto Juwana, dan Yanyan M Yani. Para pakar ini berkumpul bersama dalam sebuah forum yang dihadiri Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius dan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (purn) Wiranto.

“Kelompok ahli ini sesuai bidang keilmuannya masing-masing seperti ahli agama, ahli psikologi, ahli hukum dan ahli hubungan internasional. Itu semua dikemas sedemikian rupa sehingga mewarnai pemikiran dari sisi keilmuan dalam rangka penanggulangan terorisme,” ujar Suhardi, Jakarta, Senin, (24/10/2016).

Dia berjanji akan terus berkoordinasi dan bertemu dengan kelompok pakar tersebut setiap dua bulan sekali untuk meng-update perkembangan terorisme di Indonesia. Forum ini kata dia, masih terkait dengan rencana melibatkan 17 kementerian dan lembaga.

[Baca: KAJIAN — Basmi Terorisme Tak Cukup Hanya dengan Deradikalisasi ]

“Selama ini memang belum menjadi tanggung jawab secara utuh dan terintegrasi. Tapi saat ini, sudah dikeluarkan Surat Keputusan Menko Polhukam terkait pelibatan 17 K/L yang mempunyai koordinasi langsung dengan BNPT. Inilah yang kami informasikan juga kepada kelompok ahli untuk dijadikan masukan,” ungkapnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *