Satu Islam Untuk Semua

Friday, 24 February 2017

WAWANCARA – Muslim Rusia: Islam Agama Fleksibel dan Penuh Kemanusiaan


Screenshot_2017-02-24-11-09-14-380_com.google.android.youtube

Islamindonesia.id – WAWANCARA – Muslim Rusia: Islam Agama Fleksibel dan Penuh Kemanusiaan

 

 

Laporan media Rusia, indonesia.rbth.com menyebutkan, Islam adalah agama dengan jumlah penganut terbesar kedua di Rusia. Meski belum ada data resmi mengenai jumlah muslim di Rusia, sekitar sepuluh ribu orang keturunan Slavia (kelompok etnis yang mayoritas tinggal di Eropa Timur, termasuk di dalamnya etnis Rusia) telah masuk Islam dan jumlahnya terus bertambah. Para ahli agama menyebutkan, satu dari sepuluh orang yang telah pindah agama bekerja di media.

Yan Gordeev, seorang wartawan dari kota Kazan, Tatarstan, memutuskan memeluk agama Islam. Dia menjawab berbagai pertanyaan seputar muslim yang ramai diperbincangkan di dunia maya. Yan sendiri berasal dari keluarga Rusia. Orang tua dan adiknya menganut agama Kristen Ortodoks.

Apakah Banyak Muslim keturunan Rusia di Tatarstan?

Saya punya banyak teman Muslim, tapi mereka semua dari suku Tatar. Orang Tatar secara turun-temurun menganut Islam dan mengaku Muslim secara tradisional.

Kalau Muslim keturunan Rusia, saya belum pernah bertemu.

Bagaimana Anda masuk Islam?

Saya dan adik saya dibesarkan dalam lingkungan penuh rasa hormat terhadap Islam. Orang tua saya adalah wartawan, mereka ada urusan pekerjaan di masjid.

Dan waktu saya masih kecil, saya dan adik ikut orangtua ke masjid. Karena pada tahun 1990-an masjid pernah menjadi pusat politik, bukan hanya agama.

Karena alasan ini, saya pernah datang ke masjid. Sejak masih anak-anak dan remaja saya bisa menyaksikan, mengetahui apa itu Islam.

Saya berkesempatan untuk mempertimbangkan antara dunia muslim dan dunia nonmuslim serta mendengarkan suara hati saya.

Mengapa orang Rusia masuk Islam?

Berbagai ahli memberikan alasan. Tapi setiap manusia memiliki jalan hidupnya sendiri. Saya belum pernah membahas soal ini dengan orang lain. Karena keputusan itu sangat pribadi, dan saya sangat lama memikirkannya.

Namun, sekarang saya merasa seperti keputusan ini sudah lama tumbuh, sejak saya masih kecil.

Tentang Bahasa Arab, bagaimana Muslim Rusia berdoa?

Ya, saya pernah bermimpi bisa bicara dengan bahasa Arab. Tapi sampai sekarang saya masih berusaha untuk mempelajarinya. Saya tahu dan mengerti doa-doa utama dalam bahasa Arab. Karena, menurut saya, itu adalah kewajiban setiap Muslim.

Kalau shalat di kantor bagaimana sikap rekan kerja dan fasilitasnya?

Mereka mengerti dan menerima, tapi kalau fasilitas masih kurang. Namun, ada beberapa fasilitas sudah mulai muncul. Setahu saya, ada mushalla di IT park, lalu di bandara, dan di beberapa Kantor di Kazan.

Namun, jika ada mushalla di kantor, itu tetap sesuatu yang luar biasa.

Apa benar Islam itu agama yang sangat konservatif?

Islam memiliki tradisi yang sangat mendalam. Dan rasanya, satu kali hidup tidak cukup untuk mengetahuinya. Menurut saya, islam adalah agama yang sangat fleksibel dan penuh kemanusiaan.

Buku agama apa yang Anda suka baca?

Saya takut salah mengutip karena pernah menemukan kesalahan terjemahan yang bermacam-macam, tapi ada satu yang saya sangat sukai dan yang menjadi salah satu aturan hidup buat saya. Bunyinya:

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri,” (Q.S Ar-Ra’d: 11)

Mungkin, ayat ini paling mendalam dan yang paling luar biasa di antara yang pernah saya baca yang menggambarkan hidup.

Bagaimana cara menjaga iman Anda dalam kehidupan sehari-hari?

Jika ada sedikit saja waktu luang, bukalah Al-Qur’an dan baca beberapa hadis untuk memikirkannya makna yang terkandung di dalamnya. Di sana ada selalu ada hikmah dan bahan untuk dipikirkan secara mendalam.[]

YS/ Islam Indonesia/ Sumber: indonesia.rbth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *