Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 10 April 2018

Sahabi, Satu-Satunya Sahabat Rasulullah yang Hingga Kini Masih Hidup


Sahabi, Satu-Satunya Sahabat Rasulullah yang Hingga Kini Masih Hidup

islamindonesia.id – Sahabi, Satu-Satunya Sahabat Rasulullah yang Hingga Kini Masih Hidup

 

Jika ditanya, adakah sahabat Rasulullah yang hingga kini masih hidup? Maka jawabnya: ada. Siapa namanya dan dimana saat ini berada?

Satu-satunya sahabat yang panjang umur itu bernama Sahabi. Ya, Sahabi adalah julukan bagi sebatang pohon yang pernah menyaksikan kebesaran Nabi Muhammad Saw sebelum diangkat menjadi rasul yang ternyata masih hidup hingga saat ini. Pohon Sahabi (pohon yang terberkati) ini tumbuh subur di bagian utara padang pasir Yordania.

Pohon tua ini dipercaya sebagai saksi pertemuan biarawan Kristen bernama Bahira atau Buhaira dengan Nabi Muhammad.

Tiga manuskrip kuno yang ditulis oleh Ibn Hisham, Ibn Sa’d al-Baghdadi, dan Muhammad Ibn Jarir al-Tabari menceritakan tentang kisah Bahira yang bertemu dengan bocah kecil calon rasul terakhir. Bahira takjub menyaksikan cabang pohon tersebut merunduk untuk melindungi bocah lelaki tersebut.

Pohon sahabi sudah melewati 1400 tahun sejarah manusia. Penemuan kembali pohon itu terjadi secara tak sengaja. Menurut situs Last Prophet, Pangeran Ghazi bin Muhammad menemukan manuskrip tentang pohon tersebut ketika memeriksa arsip negara. Jika dirunut dari naskah-naskah tua tersebut, kemungkinan besar tempat terjadinya pertemuan Bahira dan Muhammad adalah di gurun Yordania.

Sejumlah ilmuwan dan cendekia pun diminta untuk memeriksa area tersebut. Berdasarkan pengamatan mereka, memang benar pohon tua tersebut yang disebutkan dalam catatan Bahira.

Namun tentu saja, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan otentisitasnya. Sekarang pohon tersebut dilestarikan oleh pemerintah. Sekelilingnya dilindungi pagar dan keberadaannya dipantau secara berkala.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *