Satu Islam Untuk Semua

Monday, 05 November 2018

Museum Mesir Hapus Kata ‘Israel’ dari Artefak Firaun Pengejar Nabi Musa


Museum Mesir Hapus Kata ‘Israel’ dari Artefak Firaun Pengejar Nabi Musa

islamindonesia.id – Museum Mesir Hapus Kata ‘Israel’ dari Artefak Firaun Pengejar Nabi Musa

 

Museum Mesir menyatakan telah membuang kata ‘Israel’ dari artefak berusia 120 tahun. Pihak museum mengatakan artefak yang semula diberi nama ‘Plate of Israel’ tersebut kini berubah namanya menjadi ‘Victories of Merneptah’.

Direktur Umum Museum Mesir di Tahrir, Sabah Abdel Razek, mengatakan, artefak dari era Raja Ramses II, yang masa pemerintahannya mulai 1279 SM sampai1213 SM atau Firaun yang diyakini tenggelam di Laut Merah saat mengejar Nabi Musa.

“Kami harus mengganti namanya setelah muncul pemberitaan kontroversial. Sebuah komite yang dibentuk oleh museum mengonfirmasi bahwa terjadi kesalahan dalam penamaan artefak yang dimaksud. Karena itu, pada pekan lalu, namanya diubah menjadi Kemenangan Merneptah,” kata Abdel Razek.

Menurut Abdel Razek, kata Israel yang terukir pada Prasasti Kemenangan Merneptah berarti anak-anak Israel atau suku yang tinggal di Kanaan atau Ashkelon di Palestina.

Prasasti Kemenangan Merneptah ditemukan oleh ahli sejarah Flinders Petrie di Luxor pada tahun 1896. Artefak berusia 120 tahun itu terbuat dari batu granit dengan tinggi 310 cm, lebar 160 cm, dan tebal 32 cm.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *