Satu Islam Untuk Semua

Monday, 28 May 2018

Masjid Tulang, Situs Bersejarah di Utara Kota Madinah


Masjid Tulang, Situs Bersejarah di Utara Kota Madinah

islamindonesia.id – Masjid Tulang, Situs Bersejarah di Utara Kota Madinah

 

Sebagai manusia paripurna yang diutus oleh Allah ke dunia untuk menyempurnakan akhlak manusia,  Rasulullah Muhammad saw adalah panutan utama bagi setiap Muslim. Tak heran, apapun yang berkaitan dengan Rasulullah –dari barang yang dipakai atau digunakan hingga jejak perjalanannya- sangat berharga bagi umat Islam.

Di antara bukti penghormatan kaum Muslimin tersebut adalah dibangunnya Masjid Al-Izam atau Masjid Tulang, salah satu masjid yang dibangun karena ada jejak Nabi Muhammad di dalamnya.

Ceritanya, pada abad ke-9H Nabi Muhammad sedang dalam perjalanan menuju sebuah peperangan. Di tengah-tengah perjalanan, Nabi Muhammad menggunakan tulang untuk menandai arah kiblat karena pada saat itu beliau tidak menemukan batu atau balok.

Oleh penduduk setempat, wilayah yang diberi tanda tulang oleh Nabi itu kemudian dibangun sebuah masjid. Namanya Masjid Al-Izam atau dikenal dengan Masjid Tulang. Bangunan Masjid itu terbuat dari batu dan lumpur. Hingga hari ini masjid itu telah mengalami beberapa perbaikan.

Masjid Al-Izam atau Masjid Tulang terletak di wilayah Al-Ula, 300 kilometer sebelah utara kota Madinah.

Seorang peneliti dari otoritas pembangunan Madinah, Abdullah Kaber menyebutkan bahwa banyak penelitian yang membahas Masjid Al-Izam ini. Terlebih lagi, di wilayah tersebut memang memiliki banyak situs, jejak, dan peninggalan bersejarah.

“Sebutan masjid dapat ditemukan di banyak sumber ilmiah terkenal,” kata Kaber, dilansir Arab News, Jumat (25/5/2018).

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *