Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 13 September 2017

Inilah Masjid yang Konon Dibangun Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga dalam Semalam  


Inilah Masjid yang Konon Dibangun Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga dalam Semalam

islamindonesia.id – Inilah Masjid yang Konon Dibangun Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga dalam Semalam

 

Salah satu landmark Cirebon sebagai “Kota Sultan” ialah Keraton Kasepuhan. Di sekitar kompleks keraton tersebut, terdapat masjid agung tertua di Cirebon.

Masjid tersebut bernama Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau lebih dikenal sebagai Masjid Agung Cirebon. Berbeda dengan nama masjid di Indonesia yang lazimnya menggunakan bahasa Arab. Nama masjid ini diambil dari kata “Sang” yang bermakna keagungan, “Cipta” yang berarti dibangun, dan “Rasa” yang berarti digunakan.

Masjid dengan nama unik ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga pada abad ke-15, atau sekitar tahun 1480-an. Bersamaan dengan masa penyebaran Islam di Pulau Jawa oleh Wali Songo.

Ada kisah unik dibalik pembangunannya. Menurut masyarakat Cirebon, konon masjid ini dibangun hanya dalam waktu satu malam saja. Kisah ini pun terangkum dalam buku sejarah Babad Tanah Cirebon.

Mahfud (43) selaku salah satu dewan pengurus masjid ini menceritakan sedikit sejarah pembuatan masjid tersebut.

“Pembangunan masjid ini melibatkan sekitar lima ratus orang yang didatangkan dari Majapahit, Demak, dan Cirebon sendiri. Sunan Kalijaga dipercaya menjadi arsitek pembangunan,” ungkapnya.

Menurut Mahfud, hal tersebut terbukti lewat arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang memadukan gaya Demak, Majapahit, dan Cirebon.

Sunan Gunung Jati juga memboyong Raden Sepat, arsitek kenamaan Majapahit yang menjadi tawanan perang Demak-Majapahit, untuk membantu Sunan Kalijaga merancang bangunan.

Masjid yang masih berdiri kokoh inipun menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di Cirebon.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *