Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 29 November 2018

Hari ini 71 Tahun Silam, PBB Restui Berdirinya Negara Zionis Israel


Hari ini 71 Tahun Silam, PBB Restui Berdirinya Negara Zionis Israel

islamindonesia.id – Hari ini 71 Tahun Silam, PBB Restui Berdirinya Negara Zionis Israel

 

Pada 29 November 1947, 71 tahun silam, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memilih membagi Palestina dan membentuk negara Yahudi yang independen, tak peduli ada penentangan kuat dari negara-negara Arab.

Melalui Resolusi PBB 181 yang didukung 33 negara, sebanyak 13 negara menolak, dan 10 lainnya netral, tanah Palestina dipecah belah menjadi wilayah untuk Yahudi dan Arab. Yahudi mendapat 55 persen wilayah dan pihak Arab 45 persen. Orang-orang Arab yang marah lalu memulai perang, dan kalah. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya negara zionis Israel.

Perseteruan antara orang Yahudi dan Arab di Palestina dimulai sekitar 1910-an, ketika keduanya mengklaim wilayah yang dikuasai Britania Raya atau Inggris.

Kaum Yahudi merupakan kaum Zionis. Periode Dreyfus menandai imigrasi kaum Yahudi Eropa yang kemudian menetap di Kanada, Inggris, Australia, dan Afrika Selatan. Sebagian lagi bermigrasi ke wilayah Kekhalifahan Ustmaniyah yang disebut Palestina.

Penduduk asli Palestina Arab, berupaya membendung imigrasi Yahudi dan mendirikan negara Palestina yang sekuler. Pada akhir Perang Dunia II, sekitar 1945, Amerika Serikat mengambil perkara Zionis.

Inggris, tidak dapat menemukan solusi praktis, merujuk masalah ke PBB, yang pada 29 November 1947, memilih untuk memecah belah Palestina.

Kaum Yahudi harus memliki lebih banyak penduduk dari Palestina. Orang-orang Arab Palestina, dibantu oleh para sukarelawan dari negara-negara lain, berperang melawan pasukan Zionis, tetapi orang-orang Yahudi memegang kendali penuh atas bagian Palestina yang dialokasikan oleh PBB dan beberapa wilayah Arab.

Pada 14 Mei 1948, Inggris mengundurkan diri dengan berakhir mandatnya, dan Negara Israel diproklamasikan oleh Ketua Badan Yahudi David Ben-Gurion. Keesokan harinya, pasukan dari Mesir, Yordania, Suriah, Lebanon, dan Irak menyerbu Israel.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *