Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 25 October 2016

Ramalan Akhir Zaman (6), Joyoboyo: Satrio Piningit itu Terima Wahyu Tapi Gak Mau Ngaku  


joyoboyo-satrio-piningit-tahu-dirinya-menerima-wahyu-tapi-tak-mau-ngaku

IslamIndonesia.id — Ramalan Akhir Zaman (6), Joyoboyo: Satrio Piningit itu Terima Wahyu Tapi Gak Mau Ngaku

 

Sebagian umat Islam dengan tegas menyatakan haram hukumnya mempercayai ramalan, tak terkecuali Ramalan Joyoboyo. Tapi kenapa umat Islam keturunan Jawa, tetap mencoba bersikap lebih moderat dan santun serta tetap percaya pada isi ramalan tersebut?

Karena secara tradisi, orang Jawa mengenal konsep kualat. Itu sebabnya, mereka takut kualat leluhurnya mengingat ramalan Joyoboyo ini sudah berusia ratusan tahun, dan juga sudah dipercaya oleh para leluhur mereka. Khususnya ramalan terkait janji bakal munculnya tokoh Satrio Piningit.

Parameter untuk mengetahui benar tidaknya sebuah ramalan ada dua. Pertama, rentang waktu yang panjang antara saat ramalan pertama kali disampaikan dengan waktu kejadiannya. Kedua, jumlah manusia yang percaya, apakah semakin bertambah atau berkurang.

Mengacu pada kedua parameter itu, ternyata ramalan Joyoboyo memenuhi syarat. Sampai zaman kita sekarang, dalam rentang waktu yang panjang, sudah banyak ramalannya yang terbukti dan orang yang percaya semakin bertambah dan tidak terbatas di pulau Jawa saja.

Kenapa Muslim Jawa tidak mau menerima jika dianggap syirik gara-gara mereka percaya pada Ramalan Joyoboyo? Karena mereka benar-benar paham bahwa Joyoboyo bukan Tuhan, dan memang tak pernah diimani sebagaimana keimanan Muslim Jawa terhadap Tuhan. Orang Jawa paham bahwa sejak awal, kebenaran yang disampaikan Joyoboyo menggunakan kata “ramalan”. Sebab hanya kata itu yang pas digunakan untuk membedakan dirinya dengan Tuhan, sekalipun terkadang apa yang diramalkan ternyata mengandung nilai kebenaran.

Bahasa dan dalil sederhananya adalah: Janji Tuhan bersifat pasti dan janji Joyoboyo sifatnya relatif. Untuk membuktikan relatifitasnya maka digunakan kata yang tepat yaitu “ramalan”. Maka Muslim Jawa yang beriman (percaya) kepada Ramalan Joyoboyo tidak dapat dikategorikan sebagai musyrik oleh karena adanya kata pembuka “ramalan” (relatif) tersebut.

Apalagi lebih dari itu, di kalangan Muslim Jawa yang percaya pada Ramalan Joyoboyo juga berkeyakinan bahwa semua penafsiran Ramalan Joyoboyo yang tidak menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan utamanya maka akan mereka tolak.

Kembali ke soal Satrio Piningit.

Ramalan Prabu Joyoboyo soal Satrio Piningit, sampai sekarang merupakan fenomena dan misteri yang belum terungkap. Apa dan siapa Satrio Piningit itu? Tentang kebenarannya hanya Allah Yang Maha Tahu.

Namun tak ada salahnya, meski kita sendiri tak percaya, kita tetap mau menghargai kepercayaan orang lain yang percaya pada Ramalan Joyoboyo.

Menurut mereka yang percaya, Satrio Piningit akan turun di tanah Jawa, sedangkan Imam Mahdi akan turun di Timur Tengah. Misi keduanya sama, memperbaiki moral dan kehidupan manusia.

Satrio Piningit merupakan seorang manusia yang menerima amanat untuk memperbaiki moral dan tatanan hidup Manusia. Satrio Piningit menerima delapan “wahyu”. Enam wahyu untuk eksistensi dirinya sebagai Satrio Piningit. Enam wahyu ini tidak diajarkan, sedangkan dua wahyu untuk diajarkan, yaitu tentang kebenaran dan ilmu kebijaksanaan. Yang mesti diperhatikan, wahyu disini berbeda makna dengan wahyu yang diterima oleh para nabi.

Kata “Goro-goro” yang terdapat dalam Ramalan Joyoboyo, bukan hanya berarti keributan massal. Karena sebenarnya merupakan kata simbolik. Jika dicermati, kata-kata aslinya (bahasa Jawa goro, dalam bahasa Indonesia berarti bohong), maka goro-goro berarti kebohongan. Jika melihat fakta di Indonesia, bukankah hal ini sudah berjalan sejak dari zaman Orde Baru sampai sekarang, bahkan keadaannya semakin bertambah parah, dengan makin maraknya tabiat menggerogoti kekayaan negara yang bernama korupsi, pencucian uang, dan lain-lain?

Sedangkan kata “Satrio”, kalau kita pelajari sejarah ternyata kata itu identik dengan sebutan Ksatria yang merupakan kasta terhormat. Meski demikian, itu pun tidak dapat dimaknai secara sederhana bahwa Satrio Piningit pastilah manusia pilihan dari kalangan kasta/keturunan terhormat. Tetapi, Satrio dalam Ramalan Joyoboyo lebih bermakna bahwa yang bersangkutan memiliki moral yang sangat tinggi dan mulia. Sebagai seorang Satrio (Ksatria) ia adalah seorang yang teguh dan kuat memegang sumpah dan janji. Bersesuaian antara kata dan perbuatan.

Ada pula sebagian orang yang salah paham bahwa ketika Satrio Piningit disebut bermata satu, maka ada yang mengartikan bahwa jangan-jangan yang dimaksud Satrio Piningit itu Dajjal yang menurut riwayat konon bermata satu. Padahal makna bermata satu dalam hal ini berarti Mata Hati, yang merupakan indra ketujuh setelah indra keenam. Dengan Mata Hati inilah Satrio Piningit bisa mengetahui kebenaran Tuhan, mana yang benar dan mana yang salah, sehingga kebenaran bahkan “dapat dilihat”. Maka sebagai Satrio Piningit, dia dijamin mampu bertindak adil dan bijaksana. Kemampuan linuwih inilah yang akan dipergunakannya untuk mendidik manusia.

Perihal waktunya, kapan Satrio Piningit diramalkan bakal muncul?

Satrio piningit akan muncul jika sudah terjadi goro-goro. Sementara saat ini, perjuangan Satrio Piningit ini masih dilakukan secara tersembunyi dan tak diketahui oleh siapapun keberadaannya.  Termasuk juga apa yang diajarkaan, tidak diketahui dengan pasti ajarannya karena begitu halus cara dan metode pengajarannya. Maka ajaran Satrio Piningit ini tetap tak akan diketahui oleh siapapun sebelum goro-goro berakhir. Ajaran Satrio Piningit baru akan diketahui jika moral dan kehidupan bangsa Indonesia sudah baik.

Konon ajaran Satrio Piningit ini tanpa disadari banyak orang, sejatinya telah menyebar di dalam hati para Satrio dan rakyat. Maka tak mengherankan jika negara mereka menjadi negara Mercusuar Dunia, karena para Satrio dan rakyat di negara itu sudah bisa melihat Kebenaran dan Kebijaksanaan. Tidak lagi korupsi, mawas diri dan senantiasa hidup berhati-hati.

Bukan hanya Satrio dan rakyat biasa dari kalangan manusia, bahkan makhluk halus (makhluk gaib) pun, jika Satrio Piningit menghendakinya, maka dia dapat menguasai dan memerintah mereka untuk membantunya kapan pun diperlukan.

Pertanyaan lain, pada masa kemunculannya, apakah Satrio Piningit berjuang seorang diri?

Satrio Piningit tidak berjuang sendirian, karena pada masanya sudah ada Satrio-satrio lain yang akan selalu siap membantu perjuangannya meski di antara mereka tak saling kenal. Sebab dalam tingkatan spiritual, sejatinya mereka sudah saling terhubung, bagaikan jala (jaring), antara satu dengan yang lain membentuk daya kekuatan gaib yang luar biasa.

Satu hal lagi yang terpenting, Satrio Piningit tidak akan pernah menyatakan dirinya adalah Satrio Piningit. Meski sejak awal dia tahu bahwa dirinya Satrio Piningit, ketika menerima “wahyu” dari Tuhan. Sehingga amanat untuk mengubah dan memperbaiki moral umat manusia pun dilakukannya dengan kesadaran penuh, karena mata hatinya “dapat melihat” kebenaran Tuhan.

Jika banyak orang meyakini bahwa Satrio Piningit merupakan keturunan bangsawan, keturunan Raja yang bijaksana, sebenarnya tidak ada yang tahu pasti dia berasal dari keturunan Raja dan Kerajaan mana. Satrio Piningit sendiri tidak punya silsilah keturunan bangsawan, dan tidak tahu kalau dirinya itu keturunan Raja, yang diketahui dan dirasakannya adalah, bahwa dalam dirinya ada sifat-sifat sebagai seorang Ksatria.

Itulah sebagian isi Ramalan Joyoboyo tentang Satrio Piningit. Lalu, apakah layak kita menanti-nantikan kemunculannya?

“Nasib suatu bangsa tidak akan berubah jika bangsa itu tidak mau mengubah nasibnya sendiri.” Begitu kurang lebih, petikan ayat suci Al-Qur’an.

Maka alangkah baiknya, jika kita tidak semata-mata mengharapkan perubahan baik di negeri kita tanpa berbuat apa-apa, hanya dengan menunggu kemunculan Satrio Piningit.

Artinya, selain percaya pada Ramalan Joyoboyo, Muslim Jawa hendaknya senantiasa berbuat baik dengan segenap kemampuannya; hidup aktif, dinamis dan kreatif, berbuat baik, jujur, benar, tidak melanggar hukum, tidak melanggar atau merendahkan adat-tradisi dan tidak melanggar tatanan agama.

 

EH / Islam Indonesia

6 responses to “Ramalan Akhir Zaman (6), Joyoboyo: Satrio Piningit itu Terima Wahyu Tapi Gak Mau Ngaku  ”

  1. satria piningit says:

    “Nasib suatu bangsa tidak berubah jika Satria Piningit itu tidak mengubah nasib mereka.”

  2. SINGGASANA : KURSI
    SEJUMLAH BANYAK KREASI ANDA, KEBESARAN ABADI SAYEDENA MUHAMMAD
    DITEMUKAN 2014 LALU DI SUMEDANG
    INDONESIA (إندونيسيا )

    (إندونيسيا )

    إن itu
    إند akhir
    إندونيس Indonesia

    سوميد Diasumsikan
    سوميدا Sumida ; سمد ; menyuburkan
    سوميدان Sumidan ; 蘇米氮 ; Sumi nitrogen
    سوميدانغ Sumedang
    سوميدانغ Sumedang (ng ;نغ ; 伍; lima انغ ; wang; raja ; G ; C ; غ ; 摹;نسخة ;salinan
    Itu akhir Indonesia Diasumsikan
    Sumida ; سمد ; menyuburkan
    Sumidan ; 蘇米氮 ; Sumi nitrogen : R. Rugen di sudut لزاوية ا في روجن ر E : Jadi Nabi (S) hasil dicapai :
    ” qad ja’akum min Allahi wa nurun kitaabunmubeen. ”
    QAD JAA akum minAllahi وا nurun kitabun المبين : Aku datang sebuah dicapai turun dengan saya Kitaabun ditampilkan
    Sumedang
    [ 2014M] menunjukan jumlah 13 ( الدجاج تي Hari saya) nomor paling beruntung kami Jumat adalah hari paling suci kami) karena Sayedena Muhammad (saw) berkata: Dan katakanlah: “Kebenaran telah (sekarang) tiba, dan tewas Kebohongan: untuk Dusta (sifatnya) pasti binasa( QS Al-Isra [1 7] .81)

    abad, 21( at-Tahrir wat-Tanwir;(تنوير.وات -التحرير في) Dalam liberalisasi dan terlihat di-pencerahan)
    والعشرين الحادي القرن Abad dua puluh satu
    العشرين والقرن الملحدين Ateis dan abad kedua puluh
    صلاة القرن واحدة عشرون Doa abad-dua puluh satu ?
    Abad ke 21 Menunjukan Lingkaran Penciptaan Dairah :Dunya Allah Menunjukkan Milik Penciptaan Satu bagi pribadi dengan kekuasaan adalah Pemilik Bismillah , untuk kerajaannya Satu (Allah)
    Daiem ujung {akhirat adalah Cermin} dengan huruf Meem dan nama Muhammad dimulai dengan huruf Meem Tidak ada jalan terbuka tanpa Meem ( )! Q : S segel dari tangan Nabi (saw) ‘s Hati Quran Yaseen
    عشر أربعة ألفي Dua ribu empat belas
    عش بعة ر أ ألفي Dua ribu tahun sarang Bah
    ر أ عشر بعة ألفي Dua ribu tahun sepuluh Bah

    [804 H], adalah 12 Cermin Rahasia BismAllah Menunjukkan Penuntasan

    أربعة ثمانمائة Delapan ratus empat
    أر ثمانمائة delapan ratus dilihat
    ب أر ثمانمائة Delapan ratus melihat b
    بع أر ثمانمائة Delapan ratus melihat beberapa
    بعة أر ثمانمائة Delapan ratus dilihat Bah
    [80 H] Ha = Hu dari Hu untuk Rasul-Nya ( ) dan mereka pada gilirannya mengajarkannya kepada komunitas mereka
    ” Hu “. = Itu berarti tidak ada kecuali dia. {Al-Hadi} Di antara Alif dan Ha, berarti antara awal dan akhir, kerajaan dunia dan akhirat.
    Bahwa kata “Allah” nama Rasul adalah Sayedena Haqq adalah Bukti Kebesaran Allah.
    Anda Harus mendekati Allah dari Ha – Hadi itu- panduan surgawi-Nya, yang Sayedena Muhammad (s). Ambil Syahadah dan mengarahkan diri Anda untuk Hati Muhammad dan Ilahi Kehadiran adalah Satu:
    Q Uran adalah Firman Kuno Allah, Tidak Dibuat- Hati Q Uran adalah Ya-Seen Surah 36 Ya-Sahin adalah Sayedena Muhammad Qaaf- Quran Wal Majid 50,1 Qaaf: Dengan Alquran . Lautan Daya Allah yang didukung oleh Pidato Kudus-Nya yang tanpa ujung dan Abadi. Tidak ada batas untuk kekuasaan-Nya.

    Lam -Lahut adalah stasiun Manifestasi dari Kehendak Tuhan, juga Lisan atau Lidah Kebenaran. Dari Pidato Kudus Allah –Qul “Katakanlah” adalah memberikan mana pengetahuan ke lokasi Qudra Allah. [Quran: Al Isra Bab 17]

    Allah swt telah menciptakan hewan dan juga tumbuhan dari air, hal itu didasari oleh firman Allah swt :
    Artinya : “Dan dari air Kami jadikan setiap sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30)
    Maksudnya : Kami telah menciptakan setiap hewan dari air, artinya didalamnya (hewan itu) ada kehidupan, seperti halnya firman Allah :
    Artinya : “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air.” (QS. An Nuur : 45)
    Maksudnya : Setiap hewan berasal dari nuthfah (air mani) dan dia adalah air dan tumbuh-tumbuhan tidaklah dapat tumbuh kecuali dengan air, dan ini sesuai dengan pendapat sebagian ulama yang mengatakan bahwa setiap hewan diciptakan peratama kali di laut kemudian berpindah kepada beberapa jenis hewan di daratan lalu mereka dibentuk sesuai dengan tabiat daratan bersamaan dengan perjalanan waktu. Dan sebagaimana diketahui bahwa hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan sesungguhnya diciptakan dari air. (markaz al Fatwa no. 18274)

    Anda telah mengambil 700 tahun untuk menulis tiga Nama Ku; Nama Keagungan-Ku, rahmat-Ku dan Kasih-Ku. Ini diberkati kata-kata saya telah membuat sebagai hadiah kepada bangsa saya Muhammad Kekasih.[MHMM]

    700 Tahun adalah;
    سبع tujuh
    ما سبع apa tujuh
    مائ سبع tujuh air
    مائة سبع tujuh ratus
    س مائة سبع Tujuh ratus segel dari tangan Nabi (saw) ‘s Hati Quran Yaseen
    سن مائة سبع Tujuh ratus usia
    مائة سنة سبع Tujuh ratus tahun
    9 Kita harus tanpa ragu diturunkan Pesan; dan sesungguhnya Kami benar menjaganya (dari korupsi).
    [Quran: Al Hijr Bab 15]
    Amanah , sekretariat ( أمانة) Quran Al- majid( المجيد القرآن) berarti Alquran penuliasan angka Arab berarti ٨٠٤ sebagai huruf pembukaan 7 bab dalam Quran sebagai 8 Membawa Takhta Duduk di atas Arasy Al-Hayat Al-Muhmeet, haqiqat Muhammad adalah untuk Ilahi Rabb itu (Tuhan) semesta alam.
    Rasulullah berkata, “Allah memiliki sembilan puluh sembilan Nama, seratus kurang satu, dan dia yang hafal mereka semua dengan hati akan masuk surga.”
    [Sahih Al Bukhari]
    Tabir kedua belas adalah Tabir Syafaat , dan di sana ia tinggal selama seribu tahun, mengatakan ” subhana-rabbil-‘azhim “Maha Suci Tuhanku, Yang Maha agung Dzul Haji itu mengapa pada Bulan 12 ituPenciptaan AHMAD Tercinta
    Kitab yang unik yang telah diawetkan lebih dari 1400 Tahun Keluar mengalir penting batuan alam tubuh muncul yang ditetapkan sebagai Arsy singgasana ;kursi DI temukan di [INDONESIA ] adalah Menunjukkan Di abad 21 Masehi Penuntasan misi Quran

    Quran adalah Kitab yang unik yang telah diawetkan lebih dari 1400 M tahun dan tetap utuh dalam bahasa Arab, bahasa Arab Quran agar kamu memahaminya . .[Quran: Yusuf [12] 2 )

    ربعمائة أ و لف أ Seribu empat ratus 1400
    ألف و أ بعمائة Seribu dan penciptaan Ba
    س ألف و أ بعمائة A ; (Allah), Q ; (Qaaf wal Quran) dan A ; (Al Majid) Adalah Pengetahuan Kuno termanifestasi Pengetahuan Yang Ke Lidah Lam-Lisan al Haqq Kebenaran dikenal sebagai Muhammad Rasul Allah.]. penciptaan Ba

    سن ألف و أ بعمائة Seribu dan usia penciptaan Ba
    Abad ke 7 Masehi, lahirnya Nabi agung Muhammad SAW 581 M, Ya-Seen adalah Nama usia Sayedena Muhammad 63 kekuatan 9 adalah di Hamd, 8 membawa Arasy + 1 Duduk Setelah itu melihat Daya artikel Tangan, Kembali ke Raja, kekuasan 9 di Kudus adalah awal pintu masuk ke Gua Abu Tsaur (Quran Surah [9] 40) Sekali lagi kita diberi tahu bahwa ini adalah tahap akhir
    Quran diturunkan untuk seluruh Sayedena Muhammad lebih dari 23 tahun – 18 tahun = 5 adalah nilai Noon adalah 50 ( “Quran al Majid) } Haa Surat ( ) terhubung ke Hidayat – itu datang dari Hu untuk Rasul-Nya ( ) dan mereka pada gilirannya mengajarkannya kepada komunitas mereka. untuk Hidayat – Panduan bagi mereka yang percaya Pedoman bagi orang percaya untuk menyelesaikan. Allah adalah Perencana terbaik.
    Petunjuk adalah penyelesaian
    Quran. Al-Majid dalam ayat 5. Dan Ayat ini adalah UNIK ر المقد Perkiraan manfaat ekonomis
    Kami industri tahu Quran Al-Majid [AQL: Ayn, Qaf, Lam = Pengetahuan Kuno Allah, Qaaf wal Quran al Majid Adalah termanifestasi Pengetahuan Yang Ke Lidah Lam-Lisan al Haqq Kebenaran dikenal sebagai Muhammad Rasul Allah.].

    Sayedina Muhammad (s) mampu menerima kekuatan di balik semua ciptaan melalui tubuh fisik
    Ha-rahasia lautan Al Hayat yang Pernah hidup Dilihat, bagi Rahasia Penciptaan terlihat warisannya dari menguasai semua Penciptaan Sayedena Muhammad [sebagai] Ya Seen jantung penciptaan dan Kepastian dari Rahasia ini. Dan Siang-untuk Nur atau Cahaya Realitas. Nya! Itulah sebabnya Tuhan berkata,
    “Sesungguhnya engkau (Muhammad!) Adalah yang bersifat luhur” ( Al-Qalam, 68:4).

    Dalam bab-bab 40 dan 41, ayat-ayat kedua di akhir Meem .
    Dalam bab 42 kita tidak dapat memperoleh banyak informasi dari ayat 2 ( Ayn Dilihat Qaaf ) yaitu 3. berakhir di Meem .
    Bab 43 dan 44, kedua ayat di akhir Noon . Noon terhubung dengan Noor(Cahaya) Allah
    المبين والكتاب (43:2) &(44:2) = Buku ini diuraikan

    Allah memberitahu kita dalam kedua pasal ini, dalam ayat kedua Dengan Kitab yang membuat hal-hal yang jelas. dalam bab 43, ayat itu diulang dalam bab 44 untuk menyorotnya. Bagaimana hal dijelaskan dalam sebuah buku?………………………………………………………………….

    العزيزالعلم الله من الكتب تنزيل (40:2) = Download buku dari Allah Aleem Aziz

    الحكيم المجيد والكتب (hasil perhitungan) = Dan buku Majid al-Hakim

    Buku terdiri dari kata-kata. Kata-kata yang terdiri dari huruf. Hal-hal yang dijelaskan kepada kami adalah huruf, dalam hal ini Ha dan Mim , yang mendahului ayat yang menunjuk ke klarifikasi. Akhirnya, pada bab 45 dan 46, ayat-ayat kedua lagi berakhir dengan Meem . Tidak hanya itu, tapi atribut Allah Al Hakeem (bijaksana) digunakan sebagai kata terakhir.

    Atau kita bisa melihatnya dari sudut yang berbeda dan melihat bahwa Allah mengatakan yang dibuat (‘0 ‘) ?. 11 Ayn Dilihat Qaaf = 3 Surat UNIK SATU KELUAR karena Ayat 2. Tidak ada perubahaan Dia adalah Allah yang SATU}

    Ketika Allah Menciptakan, tidak ada perubahan di dalam Dia. Dia seperti Dia. Karena Keberadaan Allah, segala sesuatu yang lain ada. Tidak ada yang bisa ada tanpa Keberadaan Allah. Dinamakan Allah sendiri Allah. Dia adalah Allah yang SATU. Allah Ism Zaat Allah dan tidak ilaha tuhan.
    • Nama :Dadang suhaya

    Jalan Pahlawan Desa No 15 Kp Cibodas RT 02 RW 015 Kecamatan Cimahi selatan Kota cimahi jawa barat Indonesia.
    • No handphone : 085974201915
    • No. KTP : 327701261170002062
    • Email : [email protected].

  3. asli666sp says:

    Ramalan yg dilarang utk percaya dlm agama Islam adalah ramalan nasib utk seseorang. Tdk berlaku untuk ramalan kpd sebuah bangsa / negeri. Ramalan Jayabaya meramalkn nasib suatu bangsa / negeri bukan nasib perseorangan. Jadi jgn ngawur he.3x!

  4. mabruri says:

    Wilayah Satriyo piningit = heru cokro. Di nusantara . Wilayah Imam mahdi srluruh duniya. Bisa jadi heru cokro / satriyo piningit hanya gubernur imam mahdi di wilayah nusantara ini.

  5. satria piningit says:

    Ayat Ayat Satria Piningit
    QS Al-An’am 111 Sekalipun Kami benar-benar menurunkan Satria Piningit kepada mereka, dan orang yang telah mati berbicara dengan mereka dan Kami kumpulkan di hadapan mereka segala sesuatu, mereka tidak juga beriman kepada Satria Piningit, kecuali jika Allah menghendaki. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
    QS Al-An’am 112 Dan demikianlah untuk Satria Piningit Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan berupa manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Kalau Tuhan menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukan, maka biarkanlah mereka bersama kebohongan yang mereka adakan.
    QS Al-An’am 113 Dan agar hati kecil orang-orang yang tidak beriman kepada Satria Piningit, tertarik kepada kata-kata itu, dan menyenanginya, dan agar mereka melakukan apa yang mereka biasa lakukan.
    QS Yusuf 111 “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Ayat Ayat Satria Piningit itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *