Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 16 August 2018

Tujuh Aplikasi Penting ‘Wajib’ Diunduh Pelancong Muslim


Tujuh Aplikasi Penting ‘Wajib’ Diunduh Pelancong Muslim

islamindonesia.id – Tujuh Aplikasi Penting ‘Wajib’ Diunduh Pelancong Muslim

 

Berwisata ke luar negeri, khususnya ke negara yang mayoritas warganya non-Muslim memiliki tantangan tersendiri. Begitu juga yang kerap dialami wisatawan Muslim asal Indonesia.

Tantangan itu di antaranya dalam hal mencari tempat beribadah dan makanan halal yang bisa dikonsumsi. Namun berkat kemajuan teknologi, tantangan tersebut lebih mudah diatasi.

Kini telah ada banyak aplikasi yang dapat memberikan Anda wawasan seputar tempat-tempat halal atau Muslim friendly. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat memandu Anda menemukan tempat-tempat halal saat berlibur ke luar negeri.

  1. HalalTrip

HalalTrip merupakan aplikasi yang memuat segala informasi pokok soal ibadah shalat di negara tujuan Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menemukan lokasi masjid atau mushala terdekat. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai pencatat ibadah Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui frekuensi ibadah shalat berjamaah Anda dan seberapa sering shalat di masjid.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk menemukan arah kiblat, doa-doa perjalanan, waktu shalat selama penerbangan, dan etika berwisata yang sesuai dengan tuntunan agama Islam. Bahkan aplikasi ini memberikan informasi tentang hotel yang ramah terhadap wisatawan Muslim.

  1. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi Muslim terpopuler di dunia. Wajar saja karena aplikasi ini memuat informasi yang cukup lengkap. Mulai dari jadual shalat, arah kiblat, dan Al-Quran digital lengkap dengan terjemahannya. Dengan demikian ibadah Anda dapat terus mengalir.

  1. Scan Halal

Berwisata ke negara-negara Barat memang memerlukan upaya lebih untuk menemukan restoran yang halal. Beruntung kini banyak aplikasi yang dapat memudahkan Anda. Namun bagaimana dengan produk-produk makanan kemasan? Tidak perlu bingung karena untuk itulah Halal Scan ada. Dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu memindai barcode dari makanan kemasan tersebut untuk mengetahui apakah produk tersebut halal, diragukan, atau bahkan haram untuk dikonsumsi umat Muslim.

  1. Halal Navi

Halal Navi adalah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk saling bertukar informasi soal restoran halal yang telah mereka kunjungi. Para pengguna pun dimungkinkan untuk memberikan ulasan perihal restoran tersebut sehingga Anda dapat menemukan restoran halal yang paling sesuai dengan selera Anda.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan Anda panduan mengenai lokasi masjid atau mushola terdekat. Apabila Anda bingung, tersedia pula forum yang siap menjawab segala pertanyaan Anda.

  1. Halal Spot

Hampir sama dengan Halal Navi, Halal Spot memungkinkan Anda terhubung dengan komunitas Muslim yang saling bertukar informasi seputar hidangan halal di kota tujuan Anda. Anda dapat mengetahui restoran maupun kafe yang menyajikan makanan halal.

Aplikasi ini juga menyediakan blog yang berisi segala ulasan dan panduan wisata halal di negara-negara dunia. Jadi Anda dapat menjadikannya sebagai media riset sebelum berangkat ke destinasi tujuan Anda.

  1. Halal Gems

Halal Gems merupakan aplikasi majalah digital yang menampilkan semua restoran halal terbaik di destinasi wisata populer dunia. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Halal Gems menampilkan pilihan restoran yang diatur sesuai dengan kategori.

Setiap restoran yang ditampilkan pun dilengkapi dengan foto sehingga memberikan informasi yang lebih mendalam kepada para pengguna aplikasi ini. Penggunaannya pun sangat mudah karena desainnya yang sangat rapi dan modern. Saat ini Halal Gems telah meliputi Paris, Dubai, Malta, London, Marrakech, Toronto, dan New York.

  1. Tripadvisor

Tripadvisor merupakan salah satu portal yang memuat segala informasi soal restoran, hotel, aktivitas menarik, hingga paket wisata terbaik. Sebagai portal para traveler tentu saja Tripadvisor juga menyediakan informasi perihal restoran yang dapat disesuaikan dengan preferensi penggunanya. Termasuk preferensi restoran halal.

Dengan menggunakan Tripadvisor Anda dapat menemukan berbagai restoran halal yang diurutkan berdasarkan ulasan dari sesama pengguna. Jadi pengalaman menikmati makanan dan minuman halal Anda akan terasa lebih nikmat.

Selain restoran dan hotel yang halal, ada satu poin penting lain yang sebaiknya Anda perhatikan, yaitu maskapai penerbangan yang menyediakan makanan dan minuman yang halal. Maskapai Tanah Air memang menawarkan makanan dan minuman halal selama penerbangan, tapi apabila Anda ingin merasakan pengalaman terbang terbaik, maka maskapai Emirates bisa menjadi pilihan Anda. Sebagai maskapai asal Uni Emirat Arab, seluruh makanan yang disajikan selama penerbangan pun sudah tersertifikasi halal.

Emirates juga sering didapuk menjadi salah satu maskapai terbaik di dunia. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi soal kehalalan dan pelayanan yang akan dipersembahkan kepada Anda.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *