Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 26 August 2018

Bertandang ke Tempat Lahir dan Persemayaman Terakhir Gibran Kahlil Gibran


Bertandang ke Tempat Lahir dan Pesemayaman Gibran Kahlil Gibran

islamindonesia.id – Bertandang ke Tempat Lahir dan Persemayaman Terakhir Gibran Kahlil Gibran

 

Jika Anda pernah membaca buku Sang Nabi yang bercerita tentang Nabi Muhammad SAW junjungan umat Islam di seluruh dunia, tentu Anda juga sudah mengenal siapa penulisnya. Ya, karya indah ini adalah peninggalan berharga dan ‘buah tangan’ istimewa dari seorang pujangga legendaris Libanon pemeluk Kristen Maronite bernama Gibran Kahlil Gibran.

Saat kita menyebut nama Kahlil Gibran, maka ‘kohesi’ antara Islam dan Kristen pun serasa menjadi kian mesra.

Anda pencinta Kahlil Gibran? Datanglah ke kawasan Khadisa, Libanon Utara. Di sana, tepatnya di desa kecil bernama Bsharri terdapat rumah yang diyakini sebagai tempat kelahiran Gibran Kahlil Gibran.

Rumah kecil ini seringkali diziarahi pengunjung untuk sekadar melihat-lihat kediaman yang kini berfungsi sebagai museum mini tersebut.

Di tempat ini kita bisa menyaksikan bukan hanya lukisan Gibran, tetapi juga makam sang pujangga. Desa kelahiran Gibran berjarak 120 km dari kota Beirut. Bsharri merupakan sebuah desa yang dikelilingi perbukitan indah.

Bergeser sedikit ke utara Bsharri, Anda bisa menyaksikan hamparan pepohonan cedar berselimutkan salju. Cedar memiliki kesamaan fisik dengan pohon cemara.

Cedar sendiri merupakan salah satu ‘ikon’ dari negara Libanon. Begitu bangganya masyarakat Libanon dengan pohon ini, sampai-sampai bendera negara mereka pun memakai cedar sebagai lambangnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *