Satu Islam Untuk Semua

Friday, 07 December 2018

Waspadai Politik Pecah Belah Jelang Pemilu 2019


Waspadai Politik Pecah Belah Jelang Pemilu 2019

islamindonesia.id – Waspadai Politik Pecah Belah Jelang Pemilu 2019

 

Menjelang gelaran Pemilu serentak tahun 2019, diperlukan kesadaran dan kewaspadaan seluruh komponen anak bangsa agar selalu berhati-hati dengan politik pecah-belah yang sewaktu-waktu bisa muncul di tengah masyarakat. Karena dampak dari politik semacam itu berpotensi meruntuhkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seperti sebelumnya, menjelang perhelatan pesta demokrasi lima tahun sekali, kematangan demokrasi kita selalu diuji. Persatuan dan kesatuan anak bangsa rawan tergerus. Salah satu penyebabnya adalah adanya perbedaan haluan dan pilihan politik –yang sebenarnya lazim di alam demokrasi, namun tetap saja kadang membuat hubungan antar anak bangsa menjadi terancam. Hal itu bisa terjadi jika sebagian warga masyarakat terjebak pengaruh buruk politik pecah-belah.

Diperlukan kesadaran bersama bahwa politik pecah-belah kerap digunakan oleh kekuatan asing agar bangsa ini terbagi menjadi kelompok-kelompok kecil, lemah, dan mudah dikuasai.

Kekuatan asing ini bisa masuk melalui kelompok mana saja, baik organisasi kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan. Mereka akan terus-menerus menebarkan permusuhan antar sesama anak bangsa, tak terkecuali upaya provokasi, penyebaran isu dan propaganda palsu yang pada akhirnya dapat memunculkan rasa saling curiga satu sama lain.

Merupakan kewajiban seluruh anak bangsa untuk bersama-sama menjaga pesta rakyat lima tahunan yang tak lama lagi bakal dilangsungkan. Sudah selayaknya Pemilu tidak memicu perpecahan, saling hujat dan caci-maki. Jangan sampai hanya karena adanya perbedaan pilihan politik, antar sesama anak bangsa larut dalam pertikaian dan permusuhan.

Setiap warga negara yang memiliki hak pilih hendaknya menjadi pemilih yang cerdas, bukan sekadar pemilih yang emosional. Penting bagi mereka mengenali siapa musuh yang sebenarnya, yang berkepentingan untuk terus menciptakan polemik di tengah masyarakat. Dengan begitu, diharapkan hasil Pemilu akan menjadi lebih berkualitas dan kerukunan masyarakat tetap dapat terjaga dengan baik.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *