Satu Islam Untuk Semua

Monday, 21 May 2018

Cara Mudah Khatam Al-Quran


Cara Mudah Khatam Alquran

islamindonesia.id – Cara Mudah Khatam Al-Quran

 

Di antara amalan utama yang mesti diperbanyak dan penting dilakukan di bulan Ramadan adalah membaca Al-Quran. Selain memiliki banyak manfaat, anjuran tentangnya bahkan juga termaktub di dalam Al-Quran sendiri.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”.

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir:29-30)

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar di bulan ini bisa khatam Al-Quran. Apa saja?

Baca Rutin 1 Juz Setiap Hari

Usahakan untuk membaca Al-Quran rutin sebanyak 1 juz setiap hari. Atau kalau punya banyak waktu luang, bisa juga membacanya lebih dari 1 juz. Jika terlalu berat membaca 1 juz di satu kali waktu, bisa membaca 1 juz ini di beberapa waktu misal selepas berbuka puasa atau selepas sahur.

Baca 2 Lembar Setiap Kali Selesai Salat 5 Waktu

Al-Quran umumnya memiliki 600 halaman. Untuk bisa mengkhatamkannya selama satu bulan di bulan Ramadan, baca Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman setiap selesai salat wajib 5 waktu. Jika rutin menunaikan salat sunah Tahajud, tidak ada salahnya baca Al-Quran di waktu ini. Ketika rutin membaca Al-Quran sebanyak 2 lembar setiap selesai salat, khatam Al-Quran di bulan Ramadan tak lagi hanya sebuah angan atau impian.

Instal Aplikasi Al-Quran di Gadget

Di era milenial seperti sekarang ini bisa dipastikan bahwa hampir semua orang memiliki gadget. Manfaatkan gadget dengan baik termasuk dengan menginstal aplikasi Al-Quran di dalamnya. Daripada habiskan waktu sia-sia, alangkah baiknya jika waktu luang digunakan untuk membaca Al-Quran di Gadget. Adanya aplikasi Al-Quran di gadget bisa membantu membaca Al-Quran, kapan pun dan di mana pun kita mau. Ini juga sangat memungkinkan khatam Al-Quran lebih cepat di bulan penuh kemuliaan ini.

Beli Al-Quran Kecil yang Bisa Dibawa ke Mana-mana

Jika merasa pusing dengan membaca Al-Quran di layar gadget, bisa pula membeli Al-Quran kecil atau Al-Quran saku yang bisa dibawa ke mana-mana. Baca Al-Quran ini di waktu luang dan lakukan sesering mungkin.

Semangat Membaca di Awal Hingga Akhir Ramadan

Banyak orang begitu semangat membaca Al-Quran dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang. Jika ingin khatam Al-Quran di bulan Ramadan, semangat ini tak boleh luntur baik di awal maupun di akhir Ramadan. Usahakan agar semangat itu justru semakin bertambah setiap harinya dan bacaan Al-Quran yang dibaca semakin bertambah atau semakin banyak.

Bagi kaum wanita yang umumnya mengalami menstruasi yang bisa membatalkan puasa dan dianjurkan menghindari membaca Al-Quran, hitung dengan teliti berapa lama waktu menstruasi. Luangkan waktu untuk menabung bacaan Al-Quran yang tidak bisa dibaca selama menstruasi.

Mengkhatamkan bacaan Al-Quran di bulan Ramadan selama sebulan tak akan pernah jadi hal yang mustahil selama kita memiliki niat kuat dan semangat yang tak pernah pupus.

Selamat mengkhatamkan Al-Quran. Jangan lupa sekaligus mengkaji, meresapi,  dan mengamalkan maknanya dalam kehidupan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *