Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 03 August 2016

VIDEO—Eksperimen Sosial: Keakraban Pemuda Muslim dan Yahudi Jalan Bareng di Keramaian


Eksperiman Sosial Keakraban Pemuda Muslim dan Yahudi Jalan Bareng di Keramaian

IslamIndonesia.id—Eksperimen Sosial: Keakraban Pemuda Muslim dan Yahudi Jalan Bareng di Keramaian

 

Di tengah massifnya pemberitaan media mainstream perihal tajamnya perbedaan antara berbagai paham dan aliran di tengah umat beragama, seringkali memicu terciptanya iklim sosial yang tidak kondusif. Apalagi bila terkait berita perseteruan dan bahkan perang tak berkesudahan, yang dianggap mewakili dua golongan pemeluk keyakinan agama yang berbeda. Salah satu contohnya, apa yang dipahami sebagian orang sebagai “perang” antara Yahudi dan Muslim di Palestina. Meskipun faktanya, apa yang terjadi di sana bukanlah “perang” antara keduanya, melainkan bentuk nyata penjajahan oleh rezim Zionis (yang tak bisa secara sembarangan diidentikkan dengan kaum atau pemeluk agama Yahudi) terhadap warga Palestina, baik yang Muslim maupun non Muslim.

Mungkin hal itulah yang membuat banyak orang terheran-heran dan merasakan ada semacam keanehan, ketika menonton adegan “kemesraan” dan persahabatan antara seorang pemuda Muslim dan pemuda Yahudi yang dengan akrabnya tengah jalan bareng di tengah keramaian, baik ketika keduanya sedang melintasi perkampungan Muslim maupun perkampungan Yahudi.

Namun demikian, ternyata masih ada yang justru bersimpati pada “tingkah aneh” kedua pemuda beda agama tersebut, sekaligus mengapresiasi upaya “kampanye perdamaian” keduanya kepada dunia. Untuk menunjukkan, begitulah seharusnya sesama manusia, sebagai sesama keturunan Adam saling berdamai satu sama lain meskipun mereka masing-masing terlahir berbeda. Meski mereka—sepintas memeluk keyakinan yang tak sama, padahal sejatinya sama-sama beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Yes, we need peace in this world!” begitu kata orang-orang yang bersimpati pada eksperimen sosial kedua pemuda tersebut.

“There is only 1 God,” begitu kata yang lain.

Bagaimana menurut Anda?

Silakan tonton videonya berikut ini:

 

EH/IslamIndonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *