Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 22 April 2018

KISAH NYATA – Bakti Bocah 6 Tahun Rawat Ibu, Kakak dan Adiknya


KISAH NYATA – Bakti Bocah 6 Tahun Rawat Ibu, Kakak dan Adiknya

islamindonesia.id – Bakti Bocah 6 Tahun Rawat Ibu, Kakak dan Adiknya

 

Berbeda dengan bocah-bocah lain seusianya yang dengan leluasa bisa bermain dan menikmati masa kecilnya, Muhammad Ali, bocah 6 tahun asal Dusun Toerang Batu Desa Batetanga Kecamatan Binuang Polewali Mandar, justru harus memanggul beban keluarga pasca ditinggal wafat ayahnya.

Kini, Ali tak hanya mengurus ibunya yang tunanetra, tapi dia juga harus merawat kakaknya yang menderita tunagrahita serta mengasuh si adik yang masih belia.

Tiap hari, Ali memasak dan mencuci pakaian mereka sekeluarga hingga mencari kayu bakar untuk keperluan memasak. Hal ini dilakukan karena sang ibu, Ammi (55), tak bisa banyak melakukan aktivitas karena tak bisa melihat.

“Ambil kayu sama masak,” tutur Ali dengan polos ketika ditanya apa yang biasa ia lakukan untuk membantu ibunya, pada pekan ini.

Ali tiap hari juga membimbing ibunya saat pergi ke pasar untuk berbelanja. Demikian pula saat ibunya berobat ke rumah sakit atau ke puskesmas.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, seperti beras dan lauk-pauk, keluarga ini hanya bisa berharap belas kasih dari sanak keluarga atau tetangga. Ali akhirnya menjadi tulang punggung keluarga setelah bapaknya meninggal dunia beberapa tahun lalu.

“Saya hanya berharap sama Ali sejak ayahnya meninggal. Ali-lah yang membantu memasak, mencuci pakaian, hingga memakaikan baju bagi adik dan kakaknya,” ujar Ammi.

Bocah 6 tahun ini seharusnya menikmati masa kanak-kanaknya. Namun, kondisi keluarga memaksa Ali meninggalkan masa-masa cerianya bersama teman-temannya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *