Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 09 August 2016

KAJIAN–Amar Makruf Nahi Munkar: Hal-hal yang Termasuk Mungkar (2-Tamat)


amar makruf

Islamindonesia.id–Amar Makruf Nahi Munkar: Hal-hal yang Termasuk Mungkar (2-Tamat)

Sebagai kelanjutan pembahasan sebelumnya, kajian amar makruf nahi mungkar kali ini akan membahas sebagian perbuatan yang termasuk sebagai mungkar:

1. Marah

Rasulullah Saw bersabda,

Marah akan merusak iman sebagaimana cuka merusak madu.
Marah adalah bara api dari setan.
Barangsiapa menahan dirinya untuk tidak mengganggu orang lain, maka Allah akan melindunginya di hari kiamat. Barangsiapa menahan amarahnya dari orang lain, maka Allah akan menjaganya dari azab hari kiamat.

2. Kedengkian

Allah Swt berfirman,

Apakah manusia saling mendengki terhadap keutamaan yang Allah berikan kepada sebagian mereka. Kami telah mengaruniakan Kitab dan hikmah kepada keluarga Ibrahim dan Kami beri kekuasaan yang besar. (QS. Al-Nisa’ [4]: 54)

Rasulullah Saw bersabda bahwa Allah Swt berfirman kepada Nabi Musa as,

Wahai putra Imran, jangan engkau dengki atas keutamaan yang Aku berikan kepada orang lain dan jangan meliriknya serta jangan turuti nafsumu. Sesungguhnya pendengki tidak menyukai nikmat-Ku, tidak rela atas pembagian-Ku terhadap hamba-hamba-Ku. Bila ada yang bersikap seperti ini, maka Aku bukan darinya dan dia pun bukan dari-Ku.

Rasulullah Saw bersabda,

Janganlah kalian saling memutus hubungan, berpaling, bermusuhan, atau dengki dengan selain kalian. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara.

3. Kezaliman

Allah Swt berfirman,

Orang-orang zalim akan disiksa dan tidak akan mendapatkan keringanan atau penundaan. (QS. Al-Nahl []: 85)

Dan penduduk negeri itu telah Kami binasakan ketika mereka berbuat zalim, dan telah Kami tetapkan waktu tertentu bagi kebinasaan mereka. (QS. Al-Kahf [18]: 59)

4. Ditakuti karena kejahatannya

Rasulullah Saw bersabda,

Seburuk-buruk manusia di sisi Allah pada hari kiamat adalah mereka yang dimuliakan demi menghindari kejahatannya.

Di antara hamba Allah yang paling buruk adalah orang yang dijauhi karena kata-kata kejinya.

5. Fanatik tidak pada tempatnya

Rasulullah Saw bersabda,

Barangsiapa bersikap fanatik atau menjadikan orang lain fanatik kepadanya, maka dia telah melepas ikatan tali Islam dari lehernya.

Barangsiapa di dalam hatinya terdapat setitik sikap fanatik, maka Allah akan membangkitkannya bersama orang-orang jahiliah.

6. Kekikiran

Allah Swt berfirman,

Orang-orang yang kikir terhadap nikmat Allah yang dikaruniakan kepada mereka janganlah berpikir bahwa itu adalah kebaikan bagi mereka, bahkan itu adalah keburukan bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan di leher mereka pada hari kiamat kelak. (QS. Ali ‘Imran [3]: 180)

Mereka yang kikir dan menyuruh orang-orang untuk bersikap kikir dan menyembunyikan nikmat Allah yang dikaruniakan kepada mereka. Kami siapkan azab pedih bagi orang-orang kafir. (QS. Al-Nisa’ [4]: 37)

Rasulullah Saw bersabda,

Tiada yang dapat menghapuskan iman seperti kekikiran.
Dua sifat yang tidak akan ada pada diri seorang muslim adalah kekikiran dan perangai buruk.

 

Tom/Islamindonesia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *