Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 01 May 2018

Tak Sempat Puasa? Raih Berkah Sya’ban dengan Tiga Amalan Ini


Tak Sempat Puasa Raih Berkah Sya’ban dengan Tiga Amalan Ini

islamindonesia.id – Tak Sempat Puasa? Raih Berkah Sya’ban dengan Tiga Amalan Ini

 

Umat Islam sangat dianjurkan memperbanyak ibadah sunah dan amalan shaleh pada saat bulan Sya’ban. Selain anjuran menjalankan puasa Nisfu Sya’ban, banyak amalan lain yang bisa dijalankan saat bulan pembuka jelang bulan suci Ramadhan ini.

Sya’ban menjadi spesial karena Allah SWT membuka lebar-lebar pintu rahmat dan ampunan di bulan ini, khususnya di pertengahan bulan.

Satu amalan yang sangat dianjurkan untuk meraih keberkahan Nisfu Sya’ban adalah puasa. Ibadah ini dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW, seperti tercantum dalam hadis riwayat Bukhari.

Tetapi, mungkin ada sebagian dari kita tidak sempat menjalankan puasa. Karena kegiatan yang terlalu padat atau pekerjaan berat, membuat kita terhalang melaksanakan puasa Nisfu Sya’ban. Atau bagi kaum perempuan, puasa Sya’ban bisa jadi terlewat karena tamu bulanan sedang datang.

Jika dalam keadaan demikian, kita tidak perlu khawatir. Keberkahan Sya’ban tetap bisa diraih dengan sejumlah amalan lain yang juga dianjurkan.

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Sya’ban menjelaskan ada tiga amalan yang bisa dijalankan untuk mendapatkan berkah Sya’ban selain puasa.

Amalan pertama adalah memperbanyak doa. Dasarnya adalah hadis riwayat Baihaqi, disebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).”

Amalan kedua, memperbanyak membaca syahadat. Kalimat mulia ini sangat baik dibaca kapan saja, terutama ketika nisfu Sya’ban, seperti dijelaskan juga oleh Sayyid Muhammad bin Alawi.

“Seyogiyanya seorang Muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya di bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

Amalan ketiga yaitu memperbanyak istighfar. Bertobat dari segala dosa harus kita lakukan. Lafal istighfar sangat dianjurkan dibaca untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *