Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 26 March 2019

Pedoman Singkat Adab Memberi Salam


islamindonesia.id – Pedoman Singkat Adab Memberi Salam

Di antara adab atau etika memberi salam adalah seorang yang berkendara hendaknya memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, seorang yang lewat hendaknya memberi salam kepada orang yang diam, kelompok kecil hendaknya memberi salam kepada kelompok besar, seorang yang lebih muda hendaknya memberi salam kepada orang yang lebih tua, laki-laki hendaknya memberi salam kepada wanita, anak hendaknya memberi salam kepada orang tuanya, dan orang yang memasuki ruangan hendaknya memberi salam kepada orang yang telah ada di dalamnya.

Seni hubungan sosial yang diajarkan Rasulullah Saw juga memerintahkan kita untuk menjadi orang yang lebih dulu memberi salam, dengan ucapan Assalamu ‘Alaikum, karena beliau Saw adalah orang yang biasa lebih dulu memberi salam.

Kita mesti menggunakan salam Islam Assalamu ‘Alaikum, sehingga kita dapat memperlihatkan identitas kita. Tidak seharusnya kita sebagai Muslim menggunakan salam model lain, sementara kita memiliki ucapan salam yang indah dan sempurna.

Menyambut teman dan tamu Anda dengan segala kehadiran Anda, sehingga ia merasakan perhatian Anda kepadanya. Tidak seharusnya, saat Anda menjabat tangannya, tangan Anda yang lain berada di saku celana atau Anda sedang bersandar pada sesuatu untuk beristirahat. Ini akan mengurangi penilaian orang lain terhadap Anda.

Hendaklah selalu menjawab salam sebaik mungkin. Inilah moral Islam, yaitu tidak hanya membalas kebaikan dengan kebaikan, melainkan membalas kebaikan dengan sesuatu yang lebih baik. Al-Qur’an menyatakan, “Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya.” (QS. an-Nisa: 86) Dan jawaban terbaik untuk ucapan salam adalah Wa ‘Alaikum Salam Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu.

Wajib bagi seorang Muslim untuk memberi salam kepada wanita dengan salam Islam dan memperlihatkan kepada mereka perhatian kita. Namun, haram hukumnya menjabat tangan mereka. Karena, Islam memandangnya sebagai bagian dari kesucian dan keamanan bagi wanita.

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *