Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 20 December 2018

Obati Diri Sendiri dengan Bacaan dan Hembusan Doa


Obati Diri Sendiri dengan Bacaan dan Hembusan Doa

islamindonesia.id – Obati Diri Sendiri dengan Bacaan dan Hembusan Doa

 

Rasulullah SAW memiliki doa-doa tertentu dalam kegiatan-kegiatan setiap harinya, bahkan saat sedang sakit.

Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar an-Nawawi menyebutkan sebuah riwayat dari Aisyah, istri Rasul SAW, bahwa saat Rasul hendak tidur, Rasul membaca surah al-Ikhlas dan mu’awwidzatain (surah al-Falaq dan an-Naas) kemudian meniupkannya kepada kedua telapak tangannya dan mengusapkan telapak tangan tersebut ke seluruh tubuh.

Riwayat Aisyah ini bisa dikonfirmasi dalam beberapa kitab hadis yang terpercaya, di antaranya dalam kitab Sahih Bukhari dan Sahih Muslim.

Menurut Imam an-Nawawi cara pengusapannya dimulai dari kepala dan wajah kemudian seluruh tubuh bagian depan.

Bahkan saat Aisyah mengadu kepada Rasul SAW karena sakit, Rasul SAW memintanya untuk membaca dan melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas. Bahkan Rasul SAW juga melakukan hal yang sama kepada orang-orang yang sakit.

Dalam Riwayat yang lain, yang juga disebutkan dalam kitab Sahih Bukhari, Muslim dan Sunan an-Nasai. Setiap Rasul menerima keluh-kesah para sahabat karena sakit, Rasul mengucapkan sebuah doa sebagaimana disebutkan oleh Sofyan bin Uyainah berikut:

عن عائشة رضي الله عنها، أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا اشتكى الإنسان الشيء منه، أو كانت قرحة أو جرح، قال النبي صلى الله عليه وسلم بأصبعه هكذا، ووضع سفيان بن عيينة الراوي سبابته بالأرض، ثم رفعها وقال

Dari Aisyah ra, bahwa Rasul SAW ketika ada seorang yang sakit atau terluka, Rasul mengucapkan sesuatu dengan meletakkan jari-jarinya, sebagaimana dicontohkan Sufyan bin Uyainah, seorang rawi yang meriwayatkan hadis ini, yaitu meletakkan jari telunjuknya ke lantai kemudian mengangkatnya dan mengucapkan doa berikut:

“بسم الله تربة أرضنا بريقة بعضنا يشفى به سقيمنا بإذن ربنا”

Bismillahi turbatu ardhina bi riqati ba’dina yashfi bihi saqimana bi idzni rabbina.

Dengan menyebut nama Allah SWT, debu dari lantai ini, dan dengan ludah sebagian dari kita semoga menyembuhkan penyakit kita dengan izin Tuhan kita.”

Selain berdoa, Rasul juga menyarankan untuk berusaha menyembuhkan penyakit yang kita alami kepada ahlinya. Karena doa merupakan bentuk tawakkal kita kepada Allah karena dengan izin-Nya lah penyakit kita bisa disembuhkan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *