Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 03 March 2016

KISAH – Wanita Seluruh Dunia Lebih Cantik dari Istriku


wanita-seluruh-dunia-lebih-cantik-dari-istriku

Seorang pemuda curhat kepada gurunya.

“Ketika aku tertarik dengan calon istriku, pandangan mataku merasa seolah Allah swt tidak menciptakan wanita secantik dia di dunia. Ketika aku meminangnya, aku merasa banyak wanita yang menyerupainya. Ketika aku menikahinya, aku merasa banyak wanita yang lebih cantik darinya. Ketika beberapa tahun masa pernikahan berlalu, aku merasa bahwa semua wanita lebih cantik dari istriku.”

Guru yang bijak itu tak langsung menimpali. Dia bertanya, “Maukah aku sampaikan kepadamu sesuatu yang lebih dahsyat dan lebih pahit?”

“Tentu saja,” kata murid masih dengan kegundahannya.

Sang guru lantas berkata, “Seandainya engkau menikahi seluruh wanita di dunia, maka engkau akan merasa anjing-anjing buduk di jalan lebih cantik dari semua wanita!”

Pemuda itu merasa sedikit kelegaan di dadanya. Sambil tersenyum dia berkata, “Mengapa demikian, guru?”

Berkata sang guru, “Karena persoalannya bukan pada istrimu. Persoalannya adalah bahwa manusia jika diberikan hati yang serakah dan mata keranjang, serta rasa malu terhadap Allah swt hilang darinya, maka tidak mungkin ia hiasi kedua matanya selain tanah kuburannya.”

Hal ini pernah disampaikan oleh Baginda Rasulullah saw, “Andai anak Adam (manusia) dianugerahi dua lembah emas dan perak, niscaya mereka akan mencari selain keduanya. Perut anak Adam hanyalah dipenuhi dengan tanah, dan yang kembali kepada Allah hanyalah yang bertaubat.”

“Wahai anak muda, persoalanmu adalah engkau tidak menundukkan matamu dari hal-hal yang diharamkan Allah! Bukankah engkau ingin istrimu menjadi wanita tercantik di seluruh dunia seperti sebelum meminangnya?”

Sang pemuda menjawab, “Ya.”

Sang guru kembali berkata, “Jika begitu, tundukkanlah pandangan matamu!”[]

Tom/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *