Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 09 December 2015

KISAH – Ketika Ali Mencari Lowongan Kerja


Leather_bucket_of_a_well

Suatu ketika Ali bin Abi Thalib diselimuti keadaan lapar dengan kondisi keuangan yang kritis. Keluarlah sepupu Rasul saw itu untuk mencari pekerjaan yang upahnya bisa digunakan untuk mengusir rasa laparnya.

Setelah menelusuri Madinah dan tidak juga mendapatkan lowongan pekerjaan, Ali memutuskan keluar kota. Hingga sekitar delapan kilometer dari kota, putra Abu Thalib itu sampai di sebuah kebun.

Di sana, Ali melihat seorang wanita yang sibuk mencangkul tanah dan mengumpulkannya di tempat lain. “Mungkin saja tanah yang dikumpulkan itu akan diberi air untuk dijadikan bangunan sehingga membutuhkan seseorang pembawa air,” kata Ali.

Ali akhirnya menghampiri wanita itu dan mencoba mengajukan lamaran kerja. Tanpa pikir panjang, Ali diterima bekerja karena memang wanita itu sedang mencari orang yang bisa membantu membawakan air. Kesepakatannya: untuk setiap kali menimba, pria yang sejak kecil diasuh oleh Rasulullah itu dapat upah sebutir kurma.

Ali berangkat ke sumur untuk menimba sebanyak yang butuhkan. Setelah berkali-kali menimba, tangan Ali melepuh. Sesuai kesepakatan, dia harus menggotong air itu ke gundukan tanah yang telah dipersiapkan wanita itu.

Seusai menyelesaikan kerjanya, wanita itu memberikan upah penuh. Sambil membawa kurma hasil kerjanya, Ali kembali ke Madinah lalu menemui Rasulullah. Ali kala itu mendapati Rasul pun sedang lapar. Mereka berdua lalu duduk bersama sambil menyantap kurma hasil kerja Ali di luar Madinah.

Edy/mm/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *