Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 22 October 2017

Khasiat dan Fadhilah Amalan Surah Al-Fatihah


Khasiat dan Fadhilah Amalan Surah Al-Fatihah

islamindonesia.id – Khasiat dan Fadhilah Amalan Surah Al-Fatihah

 

Surah Al-Fatihah adalah surah pembuka dalam Al-Quran. Ada banyak kelebihan dari surah Al-Fatihah ini. Selain menjadi induknya Al-Quran (ummul Quran/ummul kitab), surah ini juga menjadi salah satu rukun yang harus dibaca dalam shalat.

Ada banyak fadhilah dan keutamaan ketika seseorang membaca Al-Fatihah. Berikut di antara hikmah dan keutamaan membaca Surah AlFatihah.

1. Membaca surah Al-Fatihah mendapat pahala seperti membaca sepertiga Al-Quran.
2. Amalkan membaca Al-Fatihah sebanyak 70 kali setiap hari dalam keadaan berwudhu dan ditiupkan pada air lalu diminum selama tujuh hari. Insya Allah akan mudah memperoleh ilmu pengetahuan; di samping itu dapat mengontrol hati dan pikiran dari hal-hal yang merusak.
3. Amalkan membaca Al-Fatihah saat hendak tidur, diikuti membaca Surah Al-Ikhlas tiga kali, Surah Al-Falaq dan Surah an-Nas, insya Allah akan aman tentram dan terjauh dari gangguan setan.
4. Bagi mereka yang memiliki hajat yang baik, termasuk untuk mendapat kenaikan pangkat/derajat, untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik dari keadaan fakir, untuk dapat menyelesaikan utang, untuk menyembuhkan penyakit, agar anak menjadi saleh dan berbagai hajat lagi, maka hendaklah ia memohon kepada Allah swt dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali setiap hari. Waktunya adalah antara shalat sunah Subuh dan shalat fardhu Subuh. Amalkan praktik ini sampai 40 hari, insya Allah hajat kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.
5. Amalkan membaca Al-Fatihah sebanyak 20 kali setiap habis shalat fardhu, insya Allah akan memperoleh rezeki yang lancar, pangkat/derajat yang baik di sisi masyarakat, dan baik akhlaknya. Mudah dalam urusan hidupnya dan keluarga mendapatkan perlindungan Allah SWT.
6. Untuk membuka pintu rezeki yang luas dan mempermudah segala urusan hidup serta terhindar dari segala kesulitan, amalkan membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali saat makan sahur malam. Insya Allah akan dimakbulkan Allah SWT.
7. Setengah ulama menganjurkan membaca Al-Fatihah sebanyak 40 kali setiap habis shalat Maghrib dan sunatnya. Insya Allah hajatnya akan terkabulkan.
8. Dianjurkan juga mengamalkan membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali, insya Allah dapat mengobati sakit mata, sakit gigi, sakit perut dan lain-lain.
9. Barangsiapa mengamalkan bacaan Al-Fatihah di waktu sahur (tengah malam) sebanyak 41 kali maka Allah swt bukakan pintu rezekinya dan Dia mudahkan urusannya tanpa kepayahan dan kesulitan. Selesai bacaan Al-Fatihah tersebut dan sebaiknya berdoa: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al – Fatihah dan rahasianya, sehingga Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmat, karunia-Mu dan rezeki-Mu. Dan Engkau mudahkan setiap urusanku, murahkanlah bagiku rezeki-Mu yang banyak berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, berikan apa yang kuhajati……..” (Diriwayatkan dari Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi di dalam kitab ‘Qaddasallaahusirrahu)

Itulah beberapa fadhilah atau khasiat dari surah Al-Fatihah yang bisa kita amalkan sesuai dengan hajat kita. Apapun hajat kita, asalkan kita percaya dan yakin dengan kekuasaan Allah, tentu Allah akan mengabulkan doa-doa kita.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *