Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 05 September 2018

Kapan Usia Terbaik Bagi Anak Mulai Belajar Al-Quran?


Kapan Usia Terbaik Bagi Anak Mulai Belajar Al-Quran

islamindonesia.id – Kapan Usia Terbaik Bagi Anak Mulai Belajar Al-Quran?

 

Bagi umat Islam, Al-Quran merupakan pedoman dan penyelamat kehidupan hingga akhir hayat. Mempelajari Al-Quran merupakan sebuah kewajiban. Bahkan sangat dianjurkan untuk mulai mengajarkan Al-Quran saat anak berusia 3 tahun.

Tentunya dengan pendekatan yang sangat ramah anak dan bernuansa menyenangkan. Di umur 3 tahun, anak-anak sudah mulai bisa diajak membaca surat-surat pendek. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena di usia 3 tahun akal anak mulai berkembang, memorinya masih bersih murni, ia masih senang dengan kisah-kisah dan ia masih mudah menuruti apa yang diperintahkan.

Hendaknya yang mulai mengajarkan ayat-ayat Al-Quran adalah kedua orang tuanya. Karena secara umum, pada seumur 3 tahun anak belum bisa memiliki pelafalan yang stabil dan masih sulit memfokuskan diri untuk melafalkan bacaan dengan benar.

Hendaknya mendiktekan surat-surat pendek kepada anak, dan mengulang-ulang ayatnya. Jika ayatnya panjang, bisa dipotong-potong menjadi beberapa kalimat. Sampai mereka bisa mampu melatihnya dan mengulang-ulangnya sendiri tanpa didikte.

Bisa juga menggunakan beberapa media rekaman murattal yang dapat membantu anak menghafal Al-Quran. Jangan lupa menjelaskan makna-makna ayat dengan penjelasan yang menyenangkan.

Hal ini memudahkan anak untuk menghafal karena jika mereka paham maksud ayat, akan lebih mudah menghafalnya.

Kerahkan segala upaya terhadap anak agar membuat ia lebih mencintai Al-Quran dan membakar semangatnya untuk menghafal. Di antaranya dengan cara menjelaskan makna-makna ayat dengan penjelasan yang menyenangkan, dengan dibumbui candaan dan permisalan-permisalan. Hal ini memudahkan anak untuk menghafal karena jika mereka paham maksud ayat, akan lebih mudah menghafalnya.

Tidak terikat dengan jangka waktu tertentu pada usia-usia awal. Namun ajari mereka jika ada kesempatan dan ketika semangatnya sedang timbul.

Memasukkan mereka ke halaqah-halaqah yang mengajarkan Al Quran, yang sesuai dengan sunnah, jika ada.

Mengerahkan segala upaya terhadap anak yang dapat membuat ia lebih mencintai Al Quran dan membakar semangatnya untuk menghafal. Di antaranya dengan memberinya hadiah yang ia sukai setiap kali menghafal panjang ayat tertentu. Selain itu juga tumbuhkan semangat perlombaan menghafal antara ia dengan saudaranya atau teman-temannya.

Demikianlah di antara beberapa cara mengajarkan Al-Quran kepada anak sejak kecil yang insya Allah bakal membuahkan banyak kebaikan dan pahala. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *