Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 28 May 2016

HIKMAH–Manfaat Ibadah di Masjid


DSCN2569

IslamIndonesia.id–Manfaat Ibadah di Masjid

Alkisah, suatu hari Ibnu Sina menuliskan sepucuk surat untuk seorang ulama terkenal dan ahli ibadah di zamannya, Abu Said Abu Al Khair. Surat itu berisi pertanyaan Ibnu Sina sekaitan dengan kaum Muslimin yang banyak beribadah dan berkumpul di masjid, apakah sendirian di rumah tidak cukup?

“Apa perlunya masyarakat berkumpul di masjid, sedangkan Allah lebih dekat kepada manusia daripada urat nadinya? Di mana saja Anda berada, Anda dapat menjalin hubungan dengan Allah dan memperoleh hasil,” tulis Ibnu Sina.

Abu Said membalas surat Ibnu Sina dengan perumpamaan berikut.

“Di suatu tempat terdapat beberapa pelita menyala, sementara di ruang tertutup hanya terdapat satu pelita saja. Di tempat pertama, jika salah satu pelitanya padam, maka masih ada pelita-pelita lain yang menyinari. Sedangkan di tempat kedua, jika pelitanya mati maka gelap gulitalah ruang tersebut.

Begitu pula manusia. Sebagian ada yang suka berbuat dosa, sehingga ketika menyendiri kemungkinan untuk mendapat peringatan dari yang lain agar mendapat cahaya Ilahi sangat minim. Namun, jika dia berkumpul di tengah masyarakat, maka masih bisa terjadi saling mengingatkan dalam ketakwaan, sehingga kemungkinan besar mendapat curahan rahmat dan karunia dari Allah.”

 

MA/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *