Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 01 May 2016

HIKMAH–Diam adalah Emas


diam-islamindonesia.id

Islamindonesia.id–Diam Itu Emas

Kisah tentang Lukman Al-Hakim cukup banyak dalam Al-Qur’an dan hadis Nabi. Bahkan ada surah khusus yang bernama Luqman (surah ke-31). Di antara ayat yang terdapat dalam surah itu adalah ayat berikut ini:

وَلَقَدْ    ءَاتَيْنَا    لُقْمٰنَ    الْحِكْمَةَ    أَنِ    اشْكُرْ    لِلّٰـهِ    ۚ    وَمَن    يَشْكُرْ    فَإِنَّمَا    يَشْكُرُ    لِنَفْسِهِۦ    ۖ    وَمَن    كَفَرَ    فَإِنَّ    اللَّهَ    غَنِىٌّ    حَمِيدٌ

Artinya: ‘Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”.

Kemudian terdapat sejumlah riwayat yang menjelaskan hikmah-hikmah dari Luqman yang dikenal dengan Al-Hakim (sang bijaksana). Di antaranya adalah ungkapan hikmah berikut ini:

“يا بني.. إذا افتخر الناس بحسن كلامهم فافتخر أنت بحسن صمتك..”

“Wahai putraku, jika orang-orang berbangga dengan keindahan ucapan mereka, maka berbanggalah kau dengan keindahan diam-mu…”

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *