Satu Islam Untuk Semua

Friday, 23 February 2018

Doa untuk Mempermudah Melunasi Utang


Doa untuk Mempermudah Melunasi Utang

islamindonesia.id – Doa untuk Mempermudah Melunasi Utang

 

Perkara utang-piutang sangatlah sensitif. Terkadang utang-piutang tidak mengenal nominal dan hubungan kekerabatan. Dari teman bisa jadi musuh, dari saudara bisa menjadi tidak kenal, dari sepeser rupiah bisa terjadi kejahatan.

Dalam Islam sendiri berutang tidak dilarang, namun juga tidak disarankan. Namun, Islam mewajibkan membayar utang sesegera mungkin bagi si peminjam.

Oleh karena itu, jika Anda terlibat utang dengan seseorang, sebaiknya segera lunasi. Bila ada kendala, mintalah pertolongan hanya kepada Allah, di antaranya dengan membaca doa yang dapat memudahkan jalan agar segera melunasi utang.

Bacalah doa, اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563, hadis hasan).

Doa lain yang bisa diamalkan adalah meminta agar segera dikeluarkan dari kesulitan,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang.” (Lihat HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5)

Utang adalah masalah yang cukup menjadi beban dalam hidup, untuk itu baca juga doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: ”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *